MODEL MODEL ILHAMQ (MODEL MENGHAFAL AL QUR’AN BERBASIS GAME) DI SMP INSAN CENDEKIA MANDIRI BOARDING SCHOOL SIDOARJO

  • Syaifudin Noer UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Evi Fatimatur Rusydiyah UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Fachrizal Hamzah UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia

Abstract

Usaha pelestarian dan pemeliharaan al-Qur’an pada dasarnya telah dilakukan sejak al-Qur’an diturunkan, yaitu melalui membaca dan menghafal. Hingga dewasa ini, bukan hanya pesantren, banyak sekolah dasar maupun menengah Islam telah menerapkan sistem pembelajaran menghafal al-Quran. Seperti halnya di SMP Insan Cendikia Mandiri Sidoarjo yang menggunakan model ILHAMQ sebagai salah satu metode yang digunakan dalam pembelajaran tahfidzul quran. Banyak orang belum mengetahui model menghafal metode ILHAMQ, dan bagaimana implementasinya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dan data diambil dari observasi maupun wawancara dengan koordinator tahfidz, instruktur ILHAMQ, dan para siswa serta perangkat pembelajaran lainnya. Dari sumber data yang diambil, dihasilkan bahwa model pembelajaran ILHAMQ merupakan gabungan dari konsep pembelajaran joyfull learning, collaborative learning dan teori pemrosesan informasi Gagne.
Published
2020-04-14
How to Cite
Noer, S., Rusydiyah, E., & Hamzah, F. (2020, April 14). MODEL MODEL ILHAMQ (MODEL MENGHAFAL AL QUR’AN BERBASIS GAME) DI SMP INSAN CENDEKIA MANDIRI BOARDING SCHOOL SIDOARJO. Nusantara Journal of Islamic Studies, 1(1), 9-18. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/NJIS/article/view/3716
Section
Articles