PENGARUH PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI DAN RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V YANG MEMILIKI MOTIVASI BELAJAR YANG BERBEDA DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN BUGEMAN SITUBONDO

  • hasiyati ningsih STAI cendikia insani
Keywords: Metode Demonstrasi dan Resitasi, Motivasi, Hasil Belajar IPA.

Abstract

Metode pembelajaran yang bervariasi sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Pusat pembelajaran bukan lagi terletak pada guru melainkan pada siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah Adakah perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang diajar dengan metode demonstrasi dengan kelompok siswa yang diajar menggunakan metode resitasi, Adakah perbedaan hasil belajar IPA kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, Adakah pengaruh interaksi antara penggunaan metode demonstrasi, resitasi dan  motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar IPA kelas V SDN 2 Bugeman dan SDN 1 Bugeman. Metode analisis datanya menggunakan uji Anova Two Way, dengan rancangan penelitian Quasi experiment design, namun sebelumnya perlu dilakukan uji kenormalan dan juga kesamaan ragam. Pengujian kenormalan menggunakan Kolmogorov-Smirnov. Uji kesamaan ragam menggunakan Levene Test. 
Published
2020-04-18
How to Cite
ningsih, hasiyati. (2020, April 18). PENGARUH PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI DAN RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V YANG MEMILIKI MOTIVASI BELAJAR YANG BERBEDA DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN BUGEMAN SITUBONDO. Nusantara Journal of Islamic Studies, 1(1), 19-30. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/NJIS/article/view/3732
Section
Articles