Konsep Penilaian Berbasis Portofolio Dalam Proses Pembelajaraan

Abstrak

  • A Faizul Mubarak Universitas Nurul Jadid
Keywords: Konsep, Penilaian, Portofolio, Pembelajaran

Abstract

Artikel ini membahas tentang konsep penilaian hasil karya siswa melalui model pembelajaran portofolio. Issu ini diangkat sebagai respon terhadap fenomena pembelajaran yang dilaksanakan secara asal-asalan, sehingga tidak menggunakan standart yang baku dalam memberikan penilaian pada siswa. Titik tekan penilaian dalam portofolio adalah hasil karya sisswa pada mata pelajaran tertentu, sehingga guru dalam kelas berfungsi sebagai pasangan dalam suatu tim dimana guru adalah seseorang yang memberikan bantuan, memimpin dan melainkan memberi petunjuk. Guru bukan sebagai pusat (teacher centered), melainkan peserta didiklah yang menjadi pusat dalam proses belajar mengajar (student centered). Peserta didik diberi kesempatan berpartisipasi untuk dalam mengambil keputusan yang didasari oleh pengetahuan dan keaktifannya sebagai anggota masyarakat.
Published
2021-03-20
How to Cite
Mubarak, A. F. (2021). Konsep Penilaian Berbasis Portofolio Dalam Proses Pembelajaraan: Abstrak. Nusantara Journal of Islamic Studies, 2(1), 12-17. https://doi.org/10.54471/njis.2021.2.1.12-17
Section
Articles