Relevansi dan Potensi Madrasah Diniyah dalam Menopang Sistem Pendidikan Nasional

  • Abdullah Universitas Nurul Jadid
Keywords: Diniyah, Madrasah, Nasional, Pendidikan, sistem

Abstract

Artikel ini membahas tentang potensi madrasah diniyah dalam pengelolaan system Pendidikan nasional. Dalam system pembelajaran pendidikan diniyah, tidak hanya menekankan pada aspek kognitif, tapi juga afektif, sehingga dalam membentuk karakter, pendidikan cukup efektif. Dalam madrasah diniyah proses pembelajaran dituangkan dalam kegiatan intrakurikuler dan ektrakurikuler. Kegiatan Intrakurikuler dalam kegiatan belajar mengajar di madrasah diniyah, penjatahan waktunya telah ditentukan dalam program. Pada prinsipnya kegiatan intrakurikuler merupakan kegiatan tatap muka antara siswa dan guru.Termasuk didalamnya kegiatan perbaikan dan pengayaan. Sedangkan jegiatan ekstrakurikuler ialah Kegiatan diluar jam pelajaran biasa, yang dilakukan didalam atau diluar madrasah dengan tujuan memperluas pengetahuan siswa. Kegiatan ini dilakukan secara berkala dalam waktu-waktu tertentu
Published
2021-09-20
How to Cite
Abdullah. (2021). Relevansi dan Potensi Madrasah Diniyah dalam Menopang Sistem Pendidikan Nasional. Nusantara Journal of Islamic Studies, 2(2), 71-79. https://doi.org/10.54471/njis.2021.2.2.71-79
Section
Articles