Peran Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs. Al-Falah Bungatan Situbondo

  • Imam Baidawi Sekolah Tinggi Agama Islam Cendekia Insani - Situbondo, Indonesia
  • Elga Yanuardianto Universitas Islam Jember, Indonesia
Keywords: Siswa, Prestasi, Belajar, Peran, Guru

Abstract

Peran dan profesionalisme guru dalam pembelajaran di sekolah sangat diperlukan. Guru dituntut untuk mampu meningkatkan kualitas belajar para peserta didik dalam bentuk kegiatan belajar yang sedemikian rupa dapat menghasilkan pribadi yang mandiri, pelajar yang efektif dan pekerja yang produkti sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif dan tehnik pemerikasaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan prestasi belajar Akidah Akhlak siswa MTs. Al-Falah sebagai pembimbing, model dan teladan dalam meningkatkan prestasi siswa di MTs. Al-Falah yaitu selalu berusaha membimbing siswa-siswi untuk berperilaku dengan baik, mengingatkan jika mereka melakukan perbuatan yang tidak terpuji, memberikan contoh nyata pada saat mengajar yaitu mengucapkan salam terlebih dahulu, setelah itu berdoa secara bersama-sama. hambatan yaitu siswa yang kurang mampu pada pelajaran akidah akhlak, kurangnya memperhatikan pada pelajaran akidah akhlak sedangkan langkah-langkah guru Akidah Akhlak MTs. Al-Falah Bungatan dalam mengatasi hambatan dalam meningkatkan prestasi belajar Akidah Akhlak meliputi menfokuskan terhadap siswa, memberikan bimbingan khusus, kerjasama antar pihak luar, adanya sarana dan prasarana.
Published
2022-03-20
How to Cite
Baidawi, I., & Elga Yanuardianto. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs. Al-Falah Bungatan Situbondo. Nusantara Journal of Islamic Studies, 3(1), 83-96. https://doi.org/10.54471/njis.2022.3.1.83-96
Section
Articles