Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII di MTs Negeri Situbondo

  • Saiful Bahri Sekolah Tinggi Agama Islam Cendekia Insani - Situbondo, Indonesia.
  • Nurhafid Ishari Institut Agama Islam Syarifuddin - Lumajang, Indonesia
Keywords: Tingkat, Orang Tua, Prestasi, Belajar, Hubungan

Abstract

Tingkat pendidikan orang tua sangat berpengaruh terhadap perolehan prestasi belajar siswa, ada yang latar pendidikan orang tua rendah, siswa berprestasi ada juga latar belakang pendidikan orang tua rendah siswa belum berprestasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Adakah hubungan tingkat pendidikan orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas VII di MTs Negeri Situbondo. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian Ex Post Facto. Sampel penelitian adalah 40 siswa kelas VII di MTs Negeri Situbondo dalam pengambilan sampel ditentukan dengan teknik Simple Cluster Sampling, Teknik pengumpulan datanya meliputi angket dan dokumentasi sedangkan untuk menguji hipotesis dengan korelasi berbantuan SPSS 22.0 for windows. Dengan taraf signifikansi 0,05 dan digunakan rumus korelasi product moment. Dari hasil analisis dapat ditarik kesimpulan bahwa bahwa ada hubungan tingkat pendidikan orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas VII di MTs Negeri Situbondo dengan Nilai rhitung pada Pearson Correlation untuk uji hipotesis ini sebesar 0,347. Sementara itu nilai pada rtabel distribusi 5% atau 0,05 sebesar 0,257, maka rhitung 0,347 > rtabel 0,257. Berarti tingkat pendidikan orang tua mempunyai korelasi yang positif. Hal ini juga diperkuat dengan nilai signifikan yaitu sebesar 0,028 dimana nilai tersebut lebih kecil dari taraf nyata (a) 0,05, hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima
Published
2022-09-20
How to Cite
Bahri, S., & Nurhafid Ishari. (2022). Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII di MTs Negeri Situbondo. Nusantara Journal of Islamic Studies, 3(2), 97-106. https://doi.org/10.54471/njis.2022.3.2.97-106
Section
Articles