Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Index Card Match di SMP Islam Nurul Falah

  • Muhammad Arifin Sekolah Tinggi Ilmu Syari'ah Darul Falah - Mataram, Indonesia
  • Syamsul Arifin Institut Agama Islam Syarifuddin - Lumajang, Indonesia
Keywords: Model, Pembelajaran, Indeks Card Match, Belajar, Siswa

Abstract

Model pembelajaran Tipe Index Card Match atau mencari pasangan adalah model yang cukup menyenangkan yang digunakan untuk mengulang materi yang telah diberikan sebelumnya. Kelebihan dari model ini adalah meningkatkan kreativitas siswa, menfokuskan perhatian siswa, alokasi waktu yang mudah, dan terjadi diskusi dan presentasi antar kelompok, mampu meningkatkan hasil belajar siswa mencapai taraf ketuntasan belajar. Pendekatan yang digunakan kualitatif dan jenis rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan 2 siklus yang masing-masing siklus mencakup 4 fase yaitu prencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi, teknik pengumpulan datanya meliputi observasi, wawancara, tes dan dokumentasi sedangkan analisis datanya menggunakan analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapaan model pembelajaran Index Card Match untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII Pada Pembelajaran PAI di SMP Islam Nurul Falah.  Dapat dikatahui bahwa hasil analisis pada hasil belajar siswa telah memenuhi standar ketuntasan belajar, yaitu 85% siswa mendapatkan nilai diatas 75. Pembelajaran PAI dengan menggunakan model pembelajaran Index Card Match dapat memberikan dampak positif bagi keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran yang dapat dilihat dari persentase hasil belajar siswa.
Published
2022-09-20
How to Cite
Muhammad Arifin, & Syamsul Arifin. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Index Card Match di SMP Islam Nurul Falah. Nusantara Journal of Islamic Studies, 3(2), 122-131. https://doi.org/10.54471/njis.2022.3.2.122-131
Section
Articles