Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru di MA Burhanul Abrar Besuki Situbondo

  • Rif'an Khumaidi Universitas Islam Negeri KH. Ahmad Shiddiq - Jember, Indonesia
  • Halimatus Sa'diyah Sekolah Tinggi Agama Islam Cendekia Insani - Situbondo, Indonesia.

Abstract

Tujuan penelitian yaitu Ingin mengetahui peran kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru di MA Burhanul Abrar, ingin mengetahui faktor yang menghambat dan upaya kepala sekolah untuk mengatasi hambatan dalam meningkatkan motivasi kerja guru di MA Burhanul Abrar Besuki. Metode penelitian yaitu kualitatif deskriptif, Sumber Data meliputi data primer, sekunder, pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi. Peneliti dalam menganalisis data kualitatif menggunakan metode analisis interaktif. Hasil penelitian ini yaitu peran kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru yaitu dengan a) sebagai seorang pendidik kepala sekolah fokus terhadap pengembangan kurikulum dan kegiatan belajar mengajar disekolah, b) sebagai pemimpin sekaligus manajer, c) sebagai pelaksanaan program kerja, d) Pengawasan dan pengendalian juga dilakukan secara terus menerus, e) Sebagai seorang motivator. Kepala sekolah mengalami hambatan dalam pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana dan Belum meratanya kemampuan atau skill dalam penggunaan internet dan teknologi merupakan hal yang harus diperhatikan. Upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah untuk mengatasi hambatan dalam meningkatkan motivasi kerja guru yaitu dengan melakukan koordinasi dengan guru dan karyawan, melakukan bimbingan secara individu dan kelompok kepada guru dan karyawan, melakukan pelatihan Diklat untuk guru dan karyawan, pemberian reward terhadap guru dan karyawan yang berprestasi.
Published
2022-09-20
How to Cite
Rif’an Khumaidi, & Halimatus Sa’diyah. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru di MA Burhanul Abrar Besuki Situbondo. Nusantara Journal of Islamic Studies, 3(2), 132-143. https://doi.org/10.54471/njis.2022.3.2.132-143
Section
Articles