Budaya Organisasi Pesantren sebagai Upaya Menguatkan Perilaku Santri dalam Belajar

Studi Fenomenologi

  • Ahmad Musaddad Sekolah Tinggi Agama Islam Cendekia Insani - Situbondo, Indonesia
  • Badrun Fawaidi Institut Agama Islam Al-Qodiri Jember, Indonesia

Abstract

Dinamika pesantren sebagai lembaga pendidikan islam dalam merespon modernisasi pendidikan memunculkan ragam sikap. Sebagian bersikap konservatif dengan tetap memelihara tradisi system pendidikan salafnya; sebagian mencoba menjawab tantangan modernisasi dalam bentuk trasnformasi pendidikan dengan tanpa mengesampingkan budaya pesantren yang sudah menjadi ciri khasnya sebagai lembaga pendidikan islam. Penguatan budaya organisasi pesantren dilakukan dalam upaya menjaga karakteristik pendidikannya yang unik dan diyakini sebagai salah unsure fundamental dalam mencetak lulusan yang bermutu. Riset ini menggunakan jenis kualitatif deskripstif dengan pendekatan fenomenologi untuk memahami secara mendalam terhadap fenomena melalui pengalaman pengurus maupun pimpinan pondok pesantren. Hasil penelitian ini ditemukan adanya bangunan dan konstruksi budaya organisasi pesantren yang ditanamkan untuk mendukung dan menjadi pedomab belajar santri agar menjadi lulusan yang bermutu sesuai dengan tujuan pendidikan pondok pesantren itu sendiri.
Published
2023-03-29
How to Cite
Musaddad, A., & Fawaidi, B. (2023). Budaya Organisasi Pesantren sebagai Upaya Menguatkan Perilaku Santri dalam Belajar: Studi Fenomenologi. Nusantara Journal of Islamic Studies, 4(1), 81-92. https://doi.org/10.54471/njis.2023.4.1.81-92
Section
Articles