Pengaruh Pemberian Motivasi Orang Tua dan Guru Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI dan Bahasa Arab Di MTs Al-Mustofa Bangil Kab. Pasuruan

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh Pemberian motivasi orangtua terhadap prestasi belajar peserta didik pada bidang studi PAI, (2) pengaruh pemberian motivasi guru terhadap prestasi belajar peserta didik pada bidang studi PAI, (3) sejauh mana pengaruh pemberian motivasiorangtua dan guru terhadap prestasi belajar peserta didik pada bidang studi PAI. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah populasi 120 peserta didik dan sampel 45 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan wawancara. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan: (1) pengaruh pemberian motivasi orangtua terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI sangat kuat dengan koefisien korelasi 0,899; (2) pengaruh pemberian motivasi guru terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI sangat kuat dengan koefisien korelasi 0,934; dan (3) pengaruh pemberian motivasi orangtua dan guru terhadap prestasi belajar peserta didik pada bidang mata pelajaran PAI menunjukkan adanya pemberian motivasi guru lebih besar dibandingkan dengan pemberian motivasi orangtua sehingga koefisien determinasi 5,772.