Strategi Pemasaran UMKM Batik daam Menghadapi Pemasaran Global (Studi Kasus di Mizya Batik Tulis Ledokombo Jember)

  • Abdul Munim Institut Agama Islam Al-Qodiri Jember
  • Moch. Roif Institut Agama Islam Al-Qodiri Jember

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana strategi pemasaran yang di lakukan oleh mizya batik tulis di desa slateng kecamatan ledokomo kabupaten jember, 2) Untuk mengetahui apa saja kendala permasalahan UMKM mizya batik tulis dalam melakukan pemasaran, 3) Bagaimana alternatif strategi pemasaran yang efektif dalam meningkatkan jumlah penjualan di UMKM mizya batik tulis di desa slateng kecamatan ledokombo kabupaten jember Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, jenis penelitiannya menggunakan penelitian lapangan (field research). Hasil dari penelitian ini adalah: 1) strategi pemasaran UMKM mizya batik tulis di desa slateng kecamatan ledokombo kabupaten jember yang menngunakan bauran pemasaran (marketing mix) yang meliputi : Strategi produk, Strategi  harga, Strategi promosi, dan Strategi distribusi,. 2) kedala apa saja permasalahan UMKM mizya batik tulis dalam melakukan pemasaran yang meliputi tentang:  harga dan persaingan pasar. 3)  Bagaimana alternatif strategi pemasaran yang efektif dalam meningkatkan jumlah penjualan di umkm mizya batik tulis, yaitu dengan bekerja sama dengan berbagai pihak seperti tanoker dan jalan ini di lakukan untuk memperlancar pemasaran dan meningkatkan jumlah penjualan.
Published
2023-03-30
How to Cite
Munim, A., & Roif, M. (2023). Strategi Pemasaran UMKM Batik daam Menghadapi Pemasaran Global (Studi Kasus di Mizya Batik Tulis Ledokombo Jember). LAN TABUR : Jurnal Ekonomi Syariah, 4(2), 191-203. https://doi.org/10.53515/lantabur.2023.4.2.191-203
Section
Articles