Konsep Pengembangan Program Unggulan di Lembaga Pendidikan Islam
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu unsur penilaian dalam indeks pembangunan manusia (human development index) yang dikembangkan oleh United Nations Development Programs (UNDP).Untuk itu seluruh potensi pendidikan hendaknya diarahkan pada pencapaian tingkat kemajuan pembangunan pendidikan yang berkualitas, baik secara kuantitatif maupun kualitatif melalui serangkaian program unggulan yang harus dikelola secara professional. Program Unggulan adalah suatu rangkaian langkah-langkah yang dilaksanakan dengan urutan tertentu untuk mencapai keunggulan dalam keluaran (output) pendidikannya. Keunggulan dalam keluaran yang dimaksud meliputi kualitas dasar(daya pikir, daya kalbu, dan daya phisik) dan penguasaan ilmu pengetahuan, baik yang lunak (ekonomi, politik, sosiologi dan sebagainya) termasuk penerapannya yaitu teknologi (konstruksi, manufaktur, komuniksi dan sebagainya). maka salah satu upaya yang sangat perlu dilakukan adalah rekonstruksi ulang program sekolah mulai dari konsep kurikulum terpadu yang kaitannya dengan standar isi, peningkatan mutu pembelajaran misalnya melalui program akselerasi dimana hal tersebut berkaitan dengan standar proses, dan yang tak kalah penting adalah adanya program yang mampu membentuk multiple intelegence peserta didik melalui kegiatan diluar kelas, misalnya ekstrakulikuler.References
Redaksi Sinar Grafika. 2013. Amandemen Standar Nasional Pendidikan, Jakarta: Sinar Grafika.
Hamalik, Oemar. 2007. Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung: Remaja Rosdakarya,
Departemen Agama RI, Al Hikmah; Al Qur’an dan Terjemahnya, Bandung: Diponegoro, 2008
Sabda, Syaifuddin. 2006. Model Kurikulum Terpadu IPTEK dan IMTAQ (Desain Pengembangan dan Implementasi).Jakartat: Ciputat Press Group.
Robert S. Zaiz. 1976. Curriculum Principles and Foundations, New York: Harper and Row Publisher, Ella Yulaelawati, Kurikulum dan Pembelajaran, Bandung: Pakar Raya, 2004
Idi, Abdullah. 2011. Penegmbangan Kurikulum; Teori dan Praktik, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media,
Hawadi, Reni Akbar. 2002. Konsepsi Program Percepatan Belajar Bagi Anak Berbakat Intelektual, Depdiknas.
Fahruddin, Konsepsi Program Percepatan Belajar Bagi Anak Berbakat, Depdiknas, 2002
Anonim. 2007. Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Untuk Peserta Didik Berkecerdasan Istimewa (Program Akselerasi), Departemen Pendidikan Nasional.
Munandar, SCU. 2002. Pengembangan Kreativitas Dalam Pembelajaran, Departemen Pendidikan Nasional.
Hawadi, Reni Akbar . 2002. Konsepsi Program Percepatan Belajar Bagi Anak Berbakat Intelektual, Depdiknas,
Widyastono, Herry. , 2002. Identifikasi Masalah Dalam Rangka Penyelenggaraan Program Akselerasi, Balitbang Depdiknas, Jakarta
Sukardi, Dewa ketut. 2001. Organisasi Administrasi dan Bimbingan Konseling di Sekolah .Surabaya:Usaha Nasional.
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pengembangan Diri Pada Sekola Menengah Kejuruan. (Jakarta: Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah 2008)
Widiasari, Desi. 2010. Pengelolaan Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah (Studi kasus di SMA KristenPetra Malang). Malang: Laporan Observasi Jurusan Administrasi Pendidikan FKIP Universitas Negeri Malang