Mencermati Tantangan Pendidikan Agama Islam, Implikasinya Terhadap Penjaminan Mutu Pendidikan Agama Islam

  • Jakaria Umro Sekolah tinggi Ilmu Tarbiyah Persatuan Guru Republik Indonesia Pasuruan, Indonesia
Keywords: Mencermati Tantangan PAI, Implikasinya Terhadap Penjaminan Mutu PAI

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa perubahan di hampir semua aspek kehidupan manusia dimana berbagai permasalahan hanya dapat dipecahkan kecuali dengan upaya penguasaan dan peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi. peningkatan kualitas sumber daya manusia merupakan kenyataan yang harus dilakukan secara terencana, terarah, intensif, efektif dan efisien dalam proses pembangunan, kalau tidak ingin bangsa ini kalah bersaing dalam menjalani era globalisasi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis melalui rancangan studi kasus. metode pengumpulan data yang penulis gunakan berupa metode wawancara, metode dokumentasi dan metode observasi. penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif, metode deskriptif yaitu metode pembahasan yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristwa dan kejadian yang terjadi pada saat penelitian.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Mencermati Tantangan Pendidikan Agama Islam, Implikasinya Terhadap Penjaminan Mutu Pendidikan Agama Islamsudah dilaksanakan secara optimal, hal ini dapat dilihat pada: 1) Definisi Pendidikan islam, 2) Tujuan Pendidikan Islam, 3) Penjaminan Mutu Pendidikan Agama Islam, 4) Tantangan Pendidikan Agama Islam, 5) Implikasi Terhadap Penjaminan Mutu Pendidikan Agama Islam.

References

Tim Dosen Iain Sunan Ampel Malang. 1996. Dasar-Dasar Kependidikan Islam (Suatu Pengantar Ilmu Pendidikan Islam). Surabaya : Karya Aditama.
http://www.jugaguru.com/article/49/tahun/2006/bulan/09/tanggal/13/id/94/ di akses tanggal 17 Maret 2011.
Nata, Abuddin. 2003. Manajemen Pendidikan Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam Di Indonesia. Jakarta : prenada media Group.
http://cairudin.blogspot.com/p/aplikasi-pendekatan-konstruktivistik.html di akses 17 maret 2011.
Amir Faisal, Jusuf. 1995. Reorientasi Pendidikan Islam. Jakarta: Gema Insani Press.
Abdullah, Amin. 2004. Pendidikan Islam Dan Tantangan Globalisasi Buah Pikiran Seputar; Filsafat, Politik, Ekonomi, Social Dan Budaya. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Ishomuddin. 1996. Spectrum Pendidikan Islam. Malang: UMM Press.
J Moleong, Lexy. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Furchan, Arif. 1992. Pengantar Metode Penelitian Kualitatif. Surabaya: Usaha Nasional.
Kyin, Robert. 2006. Studi Kasus Desain Dan Metode. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Arikunto, Suharsimi. 1998 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
http://cairudin.blogspot.com/p/aplikasi-pendekatan-konstruktivistik.html di akses 17 Maret 2011
Published
2017-12-19
How to Cite
Umro, J. (2017). Mencermati Tantangan Pendidikan Agama Islam, Implikasinya Terhadap Penjaminan Mutu Pendidikan Agama Islam. Al-Makrifat: Jurnal Kajian Islam, 1(1), 64-72. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/makrifat/article/view/3036
Section
Articles