Pengembangan Rahmatan Lil’alamin Melalui PAI ; Menggagas Konsep Pendidikan Multikultural Berbasis Islam Rahmatan Lil’alamin

  • Laily Nur Arifa Univestitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrohim Malang, Indonesia
Keywords: PAI, Islam Rahmatan li al-‘âlamîn, Multikultural

Abstract

Agama Islam memiliki konsep Islam Rahmatan li al-‘âlamîn, yakni ajaran Islam untuk seluruh umat manusia, tanpa tergantung pada bahasa, tempat, kaum, ataupun kelompok.Ajaran Islam dimaksudkan untuk seluruh umat manusia, bukan untuk kelompok masyarakat atau bangsa tertentu karena nabi Muhammad diutus Allah untuk seluruh umat manusia.Hal ini berarti bahwa Islam tidak membedakan antara bangsa Arab dan non Arab. Karena itu, walaupun Islam pertama kali tumbuh dan berkembang di jazirah Arab, tetapi ajaran Islam berlaku bagi semua bangsa tanpa tergantung pada ras, bahasa, tempat, nama, masa dan kelompok manusia. Konsep Islam Rahmatan li al-‘âlamîn dapat diterapkan di berbagai bidang kehidupan. Dalam bidang Pendidikan Agama Islam, dapat diwujudkan dengan mensintesiskan konsep Islam Rahmatan li al-‘âlamîndengan pendidikan multikultural.Hal ini karena Islam yang Rahmatan li al-‘âlamîn memiliki kesamaan ‘ruh’ dengan pendidikan multikultural. Semangat yang sama tersebut diimplikasikan terhadap penerapan pendidikan multikultural melalui penghargaan atas berbagai keragaman. Penghargaan terhadap berbagai keragaman tersebut diwujudkan dalam; pertama,  keragaman bahasa, yakni penggunaan Bahasa Daerah, Bahasa Indonesia, dan bahasa asing dalam bahasa pengantar dalam pembelajaran PAI, bahasa sehari-hari di sekolah serta bahasa komunikasi melalui media pendidikan. Kedua, penghargaan atas keragaman agama dan kepercayaan, dapat diwujudkan dalam berdoa bersama, kegiatan saling berkunjung, maupun pendekatan kognitif semisal metode problem solving dan case study.Ketiga, penghargaan atas keragaman etnis, dapat diwujudkan melalui narasi yang multietnis, analogi, maupun kunjungan wisata.

References

Al-Bukhari, Abi Muhammad bin Ismail Abdillah. 1996.Shahih Bukhari. Juz I. Beirut: Dar al-Kutb.
al-Syaibany,Ahmad Ibn Muhammad Ibn Hanbal. T.th.Musnad Imam Ahmad bin Hanbal, jilid I. Beirut: Dar al-Ihya' at Turas al-'Arabi.
an-Naisaburi,Al-Imam Abul Husain Muslim ibn Al-Hajjaj Al-Qusairy. T.th. Shahih Muslim. Beirut: Dar Al-Fikr.
ash-Shiddieqy,Muhammad Hasby. 2001.al-Islam. Semarang: Pustaka Rizki Putra.
Dawam, Ainurrafiq. 2003. Emoh Sekolah“ Menolak komersialisasi pendidikan dan kanibalisme intelektual manuju pendidikan multikultural “. Yogyakarta: Inspeal Press.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1990.Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta: Balai Pustaka.
Hanafi,Hasan. 2002.Persiapan Masyarakat Dunia untuk Hidup Secara Damai, dalam Azhar Arsyad (ed.), Islam dan Peradaban Global.Yogyakarta: Madyan Press.
Haq, Hamka. 2009. Islam; Rahmah untuk Bangsa. Jakarta: RMBooks.
Madjid, Nurcholish. 1992. Islam Doktrin Peradaban; Sebuah Telaah kritis tentang Masalah Keimanan, Kemanusiaan dan Kemoderenan. Jakarta: Paramadina.
________________. 2013. Islam Agama Kemanusiaan: Membangun Tradisi dan Visi Baru Islam Indonesia. Jakarta: Paramadina dan Dian Rakyat.
Mahfud,Chairul. Pendidikan Multikulturalisme Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Muhaimin, dkk.1994. Dimensi-Dimensi Studi Islam.Surabaya: Karya Abditama.
Nasution,Harun. 1979.Islam Ditinjau Dari Berbagai Aspeknya, Jilid I. Jakarta: UI Press.
Nata, Abudin .2011. Studi Islam Komprehensif.Jakarta: Kencana.
Rachman, Budhy Munawar(ed.). 2006. Ensiklopedi Nurcholish Madjid: Pemikiran Islam di Kanvas Peradaban (edisi Digital).Jakarta: Mizan.
Ruslani.2000.Masyarakat Kitab dan Dialog antar Agama, Studi atas Pemikiran Muhammad Arkoun. Yogyakarta: Bentang.
Suyoto, Tobroni dan Muhammad Nurhakim. 1992.Misi Islam Raḫmatan li al-‘âlamîn, dalam A. Faridi (ed.), Islam Kajian Interdisipliner. Malang: UMM Press.
Yaqin, M. Ainul. 2005. Pendidikan Multikultural, Cross-Cultural Understaning untuk Demokrasi dan Keadilan. Yogyakarta: Pilar Media.
Yayasan Penerjemah al-Quran bekerjasama dengan Lajnah Pentashih Mushaf al-Quran (editor), 2005.al-Quran dan Terjemahnya. Depok: al-Huda.
Jk: Tak Ada Konflik Agama Di Indonesia, Harian Republika Online Edisi Selasa, 10 Juli 2015, 18:36 Wib// http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/13/04/23/mlphk8-jk-tak-ada-konflik-agama-di-indonesia// diakses tanggal 10 Juli 2015
Published
2017-12-21
How to Cite
Arifa, L. N. (2017). Pengembangan Rahmatan Lil’alamin Melalui PAI ; Menggagas Konsep Pendidikan Multikultural Berbasis Islam Rahmatan Lil’alamin. Al-Makrifat: Jurnal Kajian Islam, 1(1), 88-113. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/makrifat/article/view/3038
Section
Articles