Manajemen Pembelajaran Sejarah Peradaban Islam
Abstract
Sejarah Peradaban Islam (SPI) merupakan salah satu aspek dalam kurikulum Pendidikan Islam. Materi sejarah memiliki konsekuensi logis berupa urutan kronologi fakta-fakta sejarah di masa lampau. Hal inilah yang memberikan kesan “membosankan” pada pembelajaran SPI. Untuk mengatasi hal itu, diperlukan adanya manajemen yang tepat. Manajemen pembelajaran SPI dapat dimaknai sebagai proses pendayagunaan seluruh komponen pembelajaran secara berkesinambungan guna mencapai tujuan. Secara substansial pembelajaran SPI itu diharapkan berkontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati Sejarah Peradaban Islam yang mengandung nilai-nilai kearifan yang dapat digunakan untuk melatih kecerdasan, membentuk sikap, watak dan kepribadian peserta didik. Manajemen secara umum meliputi perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi. Karenanya, manajemen pembelajaran SPI yang efektif setidaknya juga harus memperhatikan ketiga aspek tersebut agar pembelajaran yang dilakukan dapat berjalan dengan baik tanpa menimbulkan perasaan bosan dalam diri peserta didik.References
Danim, Sudarwan. Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2008.
Dawam, Ainurafiq dan Ahmad Ta’arif. Manajemen Madrasah Berbasis Pasantren. Yogyakarta: Lista Friska Putra, 2004.
Hamalik, Oemar. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Hanafi. Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, 2012.
Husain, Syed Sajjad dan Syed Ali Ashraf. Menyongsong Keruntuhan Pendidikan Islam, terj. Rahmani Astuti. Bandung: CV Gema Risalah Press, 1994.
Ilyasin, Mukhamad dan Nanik Nurhayati. Manajemen Pendidikan Islam: Konstruksi Teoritis dan Praktis. Malang: Aditya Media Publishing, 2012.
Imroni, Ali. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Khaldun, Ibn. Mukaddimah Ibn Khaldun, terj. Masturi Irham, dkk. Jakarta: Pustaka al-Kautsar, 2012.
Majid, Abdul dan Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi: Konsep