Meneladani Pola Pembelajaran Rosulullah SAW Sebagai Seorang Pendidik Ideal

  • Abdul Rohman Pasca Sarjana PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia.
Keywords: Nabi Muhammad, Pendidik, Metode Pendidikan

Abstract

Nabi muhammad SAW merupakan teladan terbaik bagi umat muslim di sepanjang sejarah, dan bagi umat manusia di setiap saat dan tempat, sebagai pelita yang menerangi serta bagai purnama yang memberikan petunjuk. Allah SWT telah meletakan pada personalitas Rosulullah sebagai gambaran yang sempurna dalam metode Islam, dan menjadi gambaran yang hidup dan abadi bagi generasi umat-umat selanjutnya dalam kesempurnaan ahlak dan universalitas keagunganya. Segala yang dilakukan Rosulullah merupakan uswah hasanah bagi kehidupan manusia karena muhammad SAW dinyatakan sebagai manusia yang berahlak mulia, dan Allah SWT menegaskan dalam firmanya, yang artinya: “sesungguhnya telah ada pada diri Rosulullah SAW Suri tauladan yang baik bagimu yaitu bagi orang yang mengharap rahmat Allah dan (kedatangan) hari kiamat dia banyak menyebut Allah.” (Q.S. Al-Ahzab:21)Dengan demikian, Dari ayat tersebut secara tidak langsung memposisikan Rosulullah SAW sebagai pendidik bagi umat manusia. Proses  beliau ketika menyampaikan wahyu kepada para sahabat adalah sebuahpolapembelajaran yang layakditeladaniolehparapendidik. Pola pembelajaranRosulullahSAWmenekankan pentingnya metode yang digunakan untuk mengajar. Dan dalam proses penyampainya Nabi Muhammad SAW menggunakan metode pembelajaran yang berbeda-beda dalam kondisi yang berbeda juga. Hal ini menunjukan betapa pentingnya metode dalam menyampaikan materi pembelajaran agar diterima peserta didik dengan baik. Berkaitan dengan metode pembelajaran ini, pembahasan mengenai aspek metodologi pendidikan Nabi akan difokuskan pada masalah relevansi metodologis antara materi dengan metode pendidikan Nabi, adapun metode yang digunakan Nabi Muhammad SAW dalam proses pembelajaran yaitu, metode kisah, metode ceramah, metode teladan, metode diskusi, metode demonstrasi/praktik, metode nasihat, dan metode Tanya jawab.

References

Abdul Haris, USUL AL-HADISTS (Teori Dasar Studi Hadis Nabi Muhammad SAW, Yogyakarta:Universitas Islam Negri Yogyakarta, 2018.
Chairuddin, Pendidikan Islam Masa Rosulullah, Jurnal Diskursus Islam, Volume 1 Nomor 3, Desember 2013.
Dar al-‘Ilm, Atlas Sejarah Islam, Jakarta: Kaysa Media, 2011.
Darajat, Zakariah dkk, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Bumi Aksara: Jakarta, 1995.
Ismail,Faisal, Sejarah Kebudayaan Islam, Yogyakarta: Ircisod, 2017.
Iskandar, Abdullah, Kisah 25 kekasih Allah SWT danparaSahabatRarulullah SAW. Yogyakarta:BintangCemerlang, 2012
Juwariyah, Hadist Tarbawi, Yogyakarta: TERAS, 2010.
Moh. Haitami salim & Syamsul Kurniawan, Studi Ilmu Pendidikan Islam, Yogyakarta:Ar-Ruzz Media, 2012.
Muhammad Fuad Abdul Baqi, Kumpulann Hadist Shahih Bukhari dan Muslim, Semarang : Pustaka Nuun, 2012.
M. Alawi Al- Malik, Ilmu Ushul Hadis, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009
Qomar,Mujamil, Strategi Pendidikan Islam, Jakarta: Erlengga, 2013.
Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia. 2002.
Slamet Untung, Menelusuri Metode Pendidikan Rasulullah, Semarang: Stain Press, 2002.
Utsma Najita, Muhammad, Psikologi dalam Perspektif Hadits, Pustaka Al Husna Baru: Jakarta, 2004
Published
2020-10-08
How to Cite
Rohman, A. (2020, October 8). Meneladani Pola Pembelajaran Rosulullah SAW Sebagai Seorang Pendidik Ideal. Al-Makrifat: Jurnal Kajian Islam, 5(2), 58-79. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/makrifat/article/view/3954