Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Memanfaatkan Media Sosial Sebagai Sarana Belajar Siswa Di Sma Negeri 4 Pasuruan

  • Ibtisam Binti Nasar, Jakaria Umro Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Persatuan Guru Republik Indonesia Pasuruan Indonesia
Keywords: Strategi, Guru PAI, Media Sosial, Sarana Belajar Siswa

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dewasa ini mengalami peningkatan yang sangat pesat dalam bidang apapun. Maka, mau tidak mau harus diikuti, jika perlu harus diakselerasi lebih cepat lagi agar generasi kita tidak menjadi generasi yang gaptek. Pada bidang pendidikan khususnya, seorang tenaga pendidik atau guru harus memunculkan inovasi-inovasi baru dalam pembelajaran. Guru dituntut untuk menjadi terdepan dalam penguasaan teknologi informasi sebagai salah satu wujud akselerasi pengetahuan yang mutlak harus ditransfer kepada peserta didik. Oleh karena itu, guru pendidikan agama islam harus bisa berinovasi dalam pembelajaran melalui teknologi informasi yang sudah berkembang saat ini. dengan memanfaatkan alat media sosial sebagai alat pendukung dalam pembelajaran. Para guru di Indonesia khususnya guru Pendidikan Agama Islam juga dapat memaksimalkan pemanfaatan media sosial sebagai salah satu strategi dalam proses pembelajaran supaya efektif dan efisien sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.

References

Amini. 2016. Profesi Keguruan. Medan: Perdana Publishing.
Anita. Dampak Media Sosial Pada Dunia. https://anith-nithajie.blogspot.com/2012/11/dampak-media-sosial-pada-dunia.html Kamis 18 Juli 2019.
Arif, Arifuddin. 2008. Pengantar Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kultura.
Arsyad Lincoln, Suratno. 1995. Metodologi Penelitian Untuk Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: UPP AMPYKPN.
Az Zuhailiy, Wahbah bin Musthofa. 1422. at Tafsir al Wasith li az Zuhaily. Damaskus: Daar al Fikr.
Drajat, Zakiah. 2005. Kepribadian Guru. Jakarta: PT. Bulan Bintang.
Fardiah, Dedeh dkk,. 2015. Literasi Internet Dalam Meminimalisasi Dampak Negatif Media Jejaring Sosial. Jurnal Sosial: Ekonomi Humaniora.
Inovain, Deddy. Makalah Tentang Blog. http://vaindeddy.blogspot.com, Sabtu, 23 Maret 2019.
Laksana, Nur Chandra. Ini Jumlah Total Pengguna Media Sosial Di Indonesia, www.techno.okezone.com, 4 Maret 2019.
M. Achmad. 2012. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: Unnes Press.
Marimba, Ahmad D. 1998. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Al-Ma’arif.
Marimba, Ahmad D. 1998. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.
Nugraha Ningsih, Eka. Kondisi Pendidikan Indonesia Saat Ini, https://ekanugnug.wordpress.com/artikel/artikel-pendidikan/kondisi-pendidikan-indonesia-saat-ini/, 2 Maret 2019.
Nur Hayati, Dina. Perlunya Pendampingan Guru Dalam Menghadapi Media Sosial Yang Mempengaruhi Perkembangan Peserta Didik, https://www.academia.edu/24699636/perlunya_pendampingan_guru_dalam_menghadapimedia_sosial_yang_mempengaruhi_perkembangan_peserta_didik, Selasa 9 April 2019.
Nurudin. 2018. Media Sosial Agama Baru Masyarakat Milenial. Malang: Instans Publishing.
Olivia, Ega. Peran Aktif Guru, Perisai Penangkal Hoax, https://www.kompasiana.com/egga_olivia/5a03e7f19b1e674832789363/peran-aktif-guru-perisai-perangi hoaks?page=all, Selasa 9 April 2019.
Ridwan, Makalah WhatsApp, http://anakfilkom.blogspot.com/2017/11/makalah-whatsapp.html, , 4 April 2019.
Sardiman. 1990. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Sukardi. 2005. Metode Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Susanto. Media Sosial Membentuk Guru Kekinian, https://www.jawapos.com.opini/25/11/2016/media-sosial-membentuk-kekinian, Selasa, 9 April 2019.
Usman, Moh. Uzer. 2002. Menjadi Guru Profesional, (Bandung: Remaja Rosdakarya.
Varoelz. Search Google. http://vharoelzaceh93.blogspot.com, , Jum’at 22 April 2019.
Published
2020-10-08
How to Cite
Jakaria Umro, I. B. N. (2020). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Memanfaatkan Media Sosial Sebagai Sarana Belajar Siswa Di Sma Negeri 4 Pasuruan. Al-Makrifat: Jurnal Kajian Islam, 5(2), 180-197. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/makrifat/article/view/3960