Metode Scramble Untuk Menigkatkan Memahami Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Di Indonesia Di Sekolah Dasar

  • Nur Nafisatul Fithriyah , Tsalis Qori’ Fanani STAIL Hidayatullah Surabaya, Indonesia
Keywords: Understanding Ability, Scramble Method, Classroom Action Research

Abstract

This study aims to find out the increase in the ability to understand the material diversity of ethnic groups and cultures in Indonesia through the scramble method in social science subjects in class V MI Ma'arif NU Islamiyah Lamongan. The research method used was the Classroom Action Research (CAR) method of Kurt Lewin model with 20 research subjects. The instruments used in this study were interviews, observation and documentation. The results showed that the application of the scramble method in social studies subjects in the fifth grade MI Ma'arif NU Islamiyah can be categorized well. This is evidenced from the pre-cycle, cycle I and cycle II stages, from 57.5 to 65 then 83. Keywords: Understanding Ability, Scramble Method, and Classroom Action Research

References

Arikunto, Suharsimi .2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Aris, Shoimin .2014. 68 Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Astiti, Veni. 2006. Peningkatan Hasil BelajarIPS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Pada Peserta didikKelas IV SDN MINOMARTANI 1 NGAGLIK SLEMAN. Skripsi. Yogyakarta: eprints.uny.ac.id.
Basrowi, H.M dkk. 2008. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Bogor: Ghalia Indonesia.
Ginting, Abdurrahman . 2008. Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran .Bandung: Humaniora.
Hakim, Jihan. 2011. Efektifitas Pembelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Word Square Terhadap Ketuntasan Belajar Pada Peserta didikKelas V MI Roudlotul Muta’allimin Sambirejo Kec. Bringin Kab. Semarang. Skripsi. Salatiga: Digilib STAIN Salatiga.
Herry Hernawan, Asep dkk. 2008. Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hidayati, Nur. 2011. Metode Pembelajaran Interaktif . Yogyakarta: Modul Seminar Metode Pembelajaran Interaktif Fakultas Bahasa Dan Seni UNY di SMPN 2 Depok.
Huda, Miftahul. 2003. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kunandar. 2013. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Ma’rifatullah, Ariana. 2016. Peningkatan Pemahaman Materi Perjuangan Melawan Penjajah Jepang Melalui Metode Pembelajaran Scramble Pada Peserta didikKelas V MI Nurul Islam Sukodono. Skripsi. Surabaya: Perpustakaan PGMI UIN Sunan Ampel Surabaya.
Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajarann. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Purwanto, Ngalim. 2010. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ruhimat, Toto, dkk. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran . Bandung: Rajawali Pers.
Rusman. 2012. Model – Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Salamah, Husniyatus dan Abd. Kadir, et.al. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: LAPIS PGMI.
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Sapriya. 2009. Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Sholihatin, Etin. 2007. Cooperative Learning. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunaryo K, Wowo. 2012. Taksonomi Kognitif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suryabrata, Sumadi. 2006. Metedologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Susanto, Ahmad. 2013.Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.
Umi Hanik, Siti. 2010. Strategi Dan Metode Pembelajaran Di Madrasah Aliyah. Tesis. Semarang: eprints.walisongo.ac.id.
Published
2021-04-09
How to Cite
Tsalis Qori’ Fanani, N. N. F. ,. (2021). Metode Scramble Untuk Menigkatkan Memahami Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Di Indonesia Di Sekolah Dasar. Al-Makrifat: Jurnal Kajian Islam, 6(1), 45-69. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/makrifat/article/view/4221