Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Society 5.0

  • Jakaria Umro Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Persatuan Guru Republik Indonesia Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia
Keywords: Inovasi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Society 5.0

Abstract

Tujuan dalam penulisan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara mendalam beberapa inovasi pembelajaran pendidikan agama islam pada era society 5.0. Inovasi terhadap permbelajaran pendidikan agama islam sangat penting untuk dilakukan karena relevan dengan visi masyarakat 5.0 yaitu, menciptakan transformasi terhadap pembelajaran. Pada era society 5.0 ini manusia menjadi pengendali teknologi dan masyarakat dituntut berpikir kritis, konstruktif dan inovatif. pendidikan agama islam merupakan media untuk menuangkan pikiran, gagasan, ide dan perasaan yang dapat membentuk perilaku masyarakat. Perilaku yang diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pembelajaran pendidikan agama islam dan relevan dengan kebutuhan masyarakat 5.0. Oleh karena itu, untuk mencapai tujuan ini ada beberapa inovasi yang dapat dilakukan dalam pembelajaran pendidikan agama islam diantaranya adalah penerapan HOTS (Higher, Order, Thinking, Skills), pembaharuan orientasi pembelajaran yang futuristik, pemilihan model pembelajaran yang tepat, pengembangan kompetensi pendidik, penyediaan sarana prasarana dan sumber belajar yang futuristik. Kata Kunci: Inovasi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Society 5.0

References

Acer For Education. 2021. Mempersiapkan Pendidikan di Era Society 5.0, https://www.acerforeducation.id/blog-kami/edukasi/mempersiapkan-pendidikan-di-era-society-5-0/. Diakses pada 16 September 2021
Bungin, Burhan. 2008. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja. Grafindo Persada.
Emawati. Innovations of indonesian language and literature learning in the era of society 5.0. Jurnal SeBaSa: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 3, Nomor 1, Mei 2020
Hadi P., Pristian. 2019. Tantangan Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Society 5.0, Jurnal Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, Vol. 19, No. 02, Desember 2019.
Indriyani, Susi. 2020. Konsep Pendidikan Era Society 5.0: Memajukan Inovasi Pembelajaran, file:///D:/JurnalInovasiPAI/KonsepPendidikanEraSociety5.0MemajukanInovasiPembelajaran.html, Diakses pada 16 September 2021
Isno, Goze.“Pembelajaran PAI Berbasis ICT”, dalam http://isnoe82.blogspot.com. Diakses pada 16 September 2021.
Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Nurani, Dwi. 2021. Menyiapkan Pendidik Profesional Di Era Society 5.0. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/menyiapkan-pendidik-profesional-di-era-society-50#. Diakses pada 16 September 2021
Sugiyono. 2010. Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.
Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Published
2021-10-19
How to Cite
Umro, J. (2021). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Society 5.0. Al-Makrifat: Jurnal Kajian Islam, 6(2), 107-116. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/makrifat/article/view/4427