Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Mencegah Perilaku Bullying Pada Siswa Di SMP Negeri 8 Pasuruan

  • Jakaria Umro Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Persatuan Guru Republik Indonesia Pasuruan Indonesia
Keywords: Internalisasi, Nilai-nilai Pendidikan Akhlak, Perilaku Bullying

Abstract

Pendidikan saat ini sedang mengalami permasalahan dengan adanya dekadensi karakter bagi siswa, salah satunya adalah perilaku bullying. Perilaku bullying dapat dicegah melalui internalisasi nilai-nilai pendidikan akhlak yang menjadi media dalam membentuk karakter siswa. Proses ini akan menjawab kondisi zaman sekarang yang berpengaruh akan merosotnya karakter bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses internalisasi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam mencegah perilaku bullying dan strategi internalisasi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam mencegah perilaku bullying. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Proses internalisasi nilai-nilai pendidikan akhlak yakni dengan menanamkan nilai-nilai pendidikan akhlak terhadap Allah, sesama manusia dan lingkungan dengan melalui tiga tahapan yang meliputi transformasi nilai, transaksi nilai, dan tra-internalisasi. Sedangkan strategi internalisasi nilai-nilai pendidikan akhlak melalui keteladanan, pembiasaan, pemberian nasihat, pemberian janji dan ancaman.

References

Sumber Buku
Abdurrahman, Muhammad. 2016. Akhlak Menjadi Seorang Mulim Berakhlak Mulia, Cet. I; Jakarta: Rajawali Pers.
Nasharuddin. 2015. Akhlak (Ciri Manusia Paripurna), Cet. I. Jakarta: Rajawali Pers.
As, Asmaran. 1992. Pengantar Studi Akhlak. Jakarta: Rajawali Press.
Anwar, Rosihon. 2010. Akhlak Tasawuf. Bandung: Pustaka Setia.
Nata, Abuddin. 1997. Akhlak Tasawuf. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Muhaimin. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: Citra Media.
Abdu W., Juma. 2012. Mendidik untuk Membentuk Karakter. Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Megawangi, Ratna. 2016. Pendidikan Karakter. Bogor: Indonesia Haritage Foundation.
Tohirin. 2005. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sumber Jurnal
Herman dan Kusbaryanto. “Edukasi Family Therapy Mencegah Bullying Pada Anak”. Jurnal Ilmiah STIKES Bangka Belitung. Vol. 4 No.1. Juli 2020.
Siregar, Juliani. “Gambaran Perilaku Bullying Pada Masa Kanak-Kanak Akhir di Kota Medan”. Jurnal An-Nafs. Vol. 10 No. 01. 2016.
Pratiwi, Regina Putri. “Hubungan Perilaku Bullying Dengan Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Kelas III SDN Minomartani 6 Sleman”. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 2 Tahun ke-5. 2016.
Bafadhol, Ibrahim. “Pendidikan Akhlak dalam Perspektis Islam”. Jurnal Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 06 No.12. Juli 2017.
Setiawan, Eko. “Konsep Pendidikan Akhlak Anak Perspektif Imam Al-Ghazali”. Jurnal Kependidikan. Vol. 5 No. 1. Mei 2017.
Widyaningsih, Sunarti, T, Zamroni dan Zuchdi, D. Internalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Karakter Pada Siswa SMP Dalam Perspektif Fenomenologis. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi. UNY. Vol. 2 No. 2. 2014.
Hamid, Abdul. “Metode Internalisasi Nilai-nilai Akhlak dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 17 Kota Palu”. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, Vol. 14 NO. 2. 2016.
Guri. “Pengaruh Kompetensi Kepribadian dan Sosial Guru PAI terhadap Peningkatan Karakter Religius Siswa SDN 96 Bengkulu Selatan”. Jurnal An-Nizom, Vol. 5, No. 1. April 2020.
Walid, Muhammad. “Nilai-nilai Spiritual, Profesional dan Humanis pada Kepemimpinan Kepala Madrasah Unggulan di Malang”, J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 5 No. 2. Januari-Juni 2019.
Susanto, Djoko. “Thinking Based Instruction at Australian Primary Schools: Sociolinguistics Perspective”. Jurnal Istiqra, Vol. 13 No. 2. 2014.
Silkyanti, Fella. “Analisis Peran Budaya Sekolah Yang Religius dalam Pembentukan Karakter Siswa”. Jurnal IVCEJ, Vol. 2 No. 1. 2019.
Jannah, Miftahul. “Metode Dan Strategi Pembentukan Karakter Religius yang diterapkan di SDTQ-T An Najah Pondok Pesantren Cindai Alus Martapura”. Jurnal Al-Madrasah. Vol. 4 No. 1. 2019.
Nurhadi, Ali. “Implementasi Manajemen Strategi Berbasis Pembiasaan Dalam Menumbuhkan Karakter Religius Siswa”. Jurnal Al-Afkar. Vol. 3 No. 1. Januari 2020.
Sumber Internet
Talitha. Bullying dan Dampaknya Terhadap Kesehatan Mental, https://ketik.unpad.ac.id/posts/2927/bullying-dan-dampaknya-terhadap-kesehatan-mental, Diakses Pada Tanggal 1 April 2022.
Published
2022-04-23
How to Cite
Umro, J. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Mencegah Perilaku Bullying Pada Siswa Di SMP Negeri 8 Pasuruan. Al-Makrifat: Jurnal Kajian Islam, 7(1), 84-99. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/makrifat/article/view/4609