Manajemen Integrasi Kurikulum Madrasah Dan Pesantren Di MTs Hidayatus Sholihin Kediri

  • Adilia Khusnul Khotimah, Limas Dodi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri Indonesia
Keywords: Manajemen integrasi kurikulum, kurikulum pesantren, kurikulum madrasah

Abstract

Setiap lembaga pendidikan pasti memiliki kurikulum sebagai landasan dalam menjalankan proses belajar mengajar.Tedapat lembaga pendidikan yang hanya menggunakan satu kurikulum atau dua kurikulum. Penggunaan dua atau lebih kurikulum dalam satu lembaga pendidikan disebut dengan integrasi. Adanya integrasi kurikulum dalam lembaga pendidikan akan melahirkan suatu dinamika baru sehingga hal tersebut patut dikaji terutama dalam segi manajemennya. Tujuan penelitian ini yaitu  1) Mendeskripsikan perencanaan integrasi kurikulun madrasah dan pesantren di MTs Hidayatus Sholihin 2)  Mendeskripsikan pelaksanaan integrasi kurikulun madrasah dan pesantren di MTs Hidayatus Sholihin 3) Mendeskripsikan evaluasi integrasi kurikulun madrasah dan pesantren di MTs Hidayatus Sholihin. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian berupa studi kasus. Adapun narasumber yang menjadi data penelitian yaitu kepala sekolah, waka kurikulum dan para guru di MTs Hidayatus Sholihin. Data penelitian yang digunakan berupa data primer dan sekunder. Data primer atau utama dalam penelitian menggunakan metode wawancara. Sedangkan data sekunder berupa observasi dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan teknis analisis miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Adapun hasil penelitian ini yaitu 1 ) Perencanaan integrasi kurikulum meliputi Integrasi tujuan kurikulum madrasah dan pesantren di Mts Hidayatus Sholihin dan pengorganisasian isi kurikulum. 2) pelaksanaan integrasi kurikulum meliputi pelaksanaan pembelajaran di kelas dan penggunaan kalender akademik. 3) evaluasi integrasi kurikulum dilakukan secara bersama-sama dengan yayasan berupa evaluasi program, ketuntasan dan evaluasi pelaksanaan pembelajaran.

References

Adnan, Muhammad. Evaluasi Kurikulum sebagai Kerangka Acuan Pengembangan Pendidikan Islam. al-Idaroh, 1. 2 (2017) : 108-129
< https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/al-idaroh/article/view/25>
Constantin, Alina Ioana and Maria Goga. ‘’Curriculum integration and teachers’ training – Romanian experience’’, International Journal of Educational Policy Research and Review, 8.1 ( 2021) : 28-34

Creswell, John W. Penelitian Kualitatif dan Desain Riset : Memilih diantara Lima Pendekatan. terj.Ahmad Lintang Lazuardi. Yogjakarta : Pustaka Belajar, 2014
Diasti, Kermi. ''Manusia Dalam Prespektif Agama Islam''. Jurnal Pendidikan Islam, 10. 1(2021) : 84-94
Djafar, Hanifah dkk. ‘Manajemen Kurikulum Dalam Peningkatan Proses Pembelajaran Padasmk Negeri 1 Sabang’. Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah, 2. 2 (2014), 99-108
http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JAP/article/view/2514

Dodi, Limas. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Ilmu, 2015.
Fu Yao and Susan Sibert. ‘’ Teachers’ Perspectives: Factors That Impact Implementation of Integrated Curriculum in K-3 Classrooms’’, International Journal of Instruction, 10. 1 (2017) : 170-186 < https://eric.ed.gov/?id=EJ1125148>
Gesi, Burhanudin, dkk. ‘’ Manajemen Dan Eksekutif ‘’. Jurnal Manajemen, 3.2 ( 2019),66
Hardani dkk, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, (Yogyakarta : CV. Pustaka Ilmu, 2020), 64
Haudi. Manajemen Kurikulum. Sumatera Barat : CV. Insan Cendekia Mandiri, 2021.
Hamdi, Mohammad Mustaf. ‘Evalusi Kurikulum Pendidikan’, Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4.1 (2020) : 66– 75
Husniayatus Salamah Zainiyati, Integrasi Pesantren ke dalam sistem Pendidikan Perguruan Tinggi Agama Islam ( Studi di UIN Maulana Malik Ibrahim), Disertasi IAIN Sunan Ampel Surabaya, 2012
Indana, Nurul.‘Penerapan Kurikulum Terintegrasi Dalam Mengembangkan Mutu Belajar Siswa (Studi Kasus Di Sma Darul ‘Ulum 1 Unggulan Bppt Jombang)'. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3. 2(2018), 121–47 .
Khoiriyah, Iin Khozainul, Muchammad Miftachur Roziqin, and Widya Kurnia Ulfa. ‘Pengembangan {Kurikulum} {Pesantren} Dan {Madrasah}; {Komponen}, {Aspek} Dan {Pendekatan}’, Qudwatuna, 3. 1 (2020) : 25–46 .
Lazuardi, Dedi. ''Manajemen Kurikulum sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan'', Jurnal Kependidikan Islam, 7.1 (2017) ,109 < http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bahana/article/download/112127/pdf>
MacMath, Sheryl and John Wallace et Xiaohong Chi,’’ Curriculum Integration: Opportunities to Maximize Assessment as, of, and for Learning L’intégration des divers éléments du curriculum : des opportunités pour maximiser l’évaluation comme, de, et pour l’apprentissage’’, McGILL Journal of Education, 44. 3 (2009) : 452-465 452 < https://mje.mcgill.ca/article/view/2699>
Mulyasa, E. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum. Bandung : Remaja Rosdakarya, 2013
Munjiat, Siti Maryam. ‘Integrasi Kurikulum Pesantren Dan Madrasah Pada Pondok Pesantren Manba’Ul ’Ulum Sindangmekar Dukupuntang Cirebon’, Al-Tarbawi Al-Haditsah : Jurnal Pendidikan Islam, 2. 2 (2017) : 142–62 .
Murniati, Hanifah Djafar, Murniati AR, and Sakdiah Ibrahim. ‘Manajemen Kurikulum Dalam Peningkatan Proses Pembelajaran Padasmk Negeri 1 Sabang’, Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah, 2. 2 (2014) : 99–108 < http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JAP/article/view/2514>
Nasbi, Ibrahim. ‘Manajemen Kurikulum: Sebuah Kajian Teoritis’, Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1. 2 (2017) : 318–30 .

Oktapiani,Marliza. ‘’Perencanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di Indonesia’’. Tahdzib, 1.1 (2019), 71-79 < https://doi.org/10.34005/tahdzib.v2i1.471>
Rouf, Muhammad. Manajemen kurikulum integratif Madrasah-Pesantren ( Studi Kasus di MAN 1 Malang dan Madrasah Terpadu MAN 3 Malang ). Jurnal Studi Islam, 6.2 (2016), 3

Saajidah, Luthfiyyah, ‘Fungsi-Fungsi Manajemen Dalam Pengelolaan Kurikulum’, Madrasa: Journal of Islamic Educational Management, 1. 1 (2018), 16–22
Sandu Siyoto. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta : Literasi Media Publishing, 2015), 28
Setiyadi, Bradley dkk.‘Model Pengembangan Dan Organisasi Kurikulum’, Riau EducationJournal,1.2(2021),346.
Sintasari, Beny, and Nuzulul Fitria, ‘Manajemen Kurikulum Berbasis Madrasah Di MTs Bahrul Ulum Gadingmangu Perak Jombang’, Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 10.2 (2021), 203–27
Syafarudin. Manajemen Kurikulum. Medan : Perdana Publishing, 2017
Sulaiman.‘Pola Modern Organisasi Pengembangan Kurikulum’. Jurnal Ilmiah Didaktika, 14.1 (2013), 60-73 https://doi.org/10.22373/jid.v14i1.489
Sugiana,Aset. ‘Proses Pengembangan Organisasi Kurikulum Dalam Meningkatkan Pendidikan Di Indonesia’. Jurnal Pendagogik, 05.02 (2018), 257- 273 .
Wall, Amanda and Alisa Leckie.‘’Curriculum Integration: An Overview’’, Current Issues in Middle Level Education, 22. 1 (2017) : 36-40
Qutni, Darul, ‘Karakter Peserta Didik ( Studi Di SMP Daarul Qur ’ an Internasional Tangerang Internasional Pesantren Tahfizh Daarul Qur ’ an )’, Jurnal Tahdzibi, 3 .2(2020) : 105 .
Nina Hidayanti, Kepala Sekolah Madrasah Tsanawiyah Hidayatus Sholihin Turus, Kediri, 18 November 2021
Moch. Chabibullah, Waka Kurikulum Madrasah Tsanawiyah Hidayatus Sholihin Turus, Kediri, 18 November 2021
Published
2022-04-23
How to Cite
Limas Dodi, A. K. K. (2022). Manajemen Integrasi Kurikulum Madrasah Dan Pesantren Di MTs Hidayatus Sholihin Kediri. Al-Makrifat: Jurnal Kajian Islam, 7(1), 144-169. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/makrifat/article/view/4613