Optimalisasi Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Aplikasi Kahoot Di SD Nu Gurah Kediri

  • Zaidatul Laili Maghfiroh, Sufirmansyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, Jawa Timur Indonesia
Keywords: Evaluasi, Kahoot, Pembelajaran Bahasa Arab

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalisasikan evaluasi pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan bantuan Kahoot dengan dilengkapi gambar, dan seperangkat alat tes kemampuan peserta didik beserta umpan baliknya. Dengan data-data yang sudah didapat, peneliti melakukan pendekatan deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan dan menghubungkan beberapa problematika dengan teori-teori yang ada, sehingga menemukan solusi yang relevan bagi setiap problematika yang didapatkan. Adapun beberapa problematika yang ditemukan terkait penelitian ini adalah: 1) Kemajuan teknologi informasi yang menuntut guru untuk selalu memberikan fasilitas pembelajaran yang menarik, visual, dan interaktif. 2) Keterbatasan pengetahuan guru dalam pembuatan soal interaktif bahasa Arab dengan memanfaatkan aplikasi. Dari beberapa problematika yang ada, terdapat beberapa solusi untuk mengatasinya. Salah satunya adalah dengan pemanfaatan aplikasiKahootdimana guru dapat membuat berbagai jenis soal dengan mudah seperti pilihan ganda, benar salah, menjodohkan, dan isian. Kata Kunci: Evaluasi, Kahoot, Pembelajaran Bahasa Arab

References

Akbar, Sa’dun, Instrumen Perangkat Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.
Akmalia, Frida dan Syihabuddin. “PEMANFAATAN ISPRING SUITE QUIZMAKER UNTUK PEMBUATAN SOALSOALBAHASA ARAB.” Tsaqofiya : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab 2 No. 2 (2020): 15–29. https://doi.org/10.21154/tsaqofiya.v2i2.38.
Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Edited by Restu Damayanti. Kedua. Jakarta: Bumi Aksara, 2016.
---------,Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan(Edisi Revisi), Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
Bahri, Syaiful Djamarah Dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Fauzi, Muhammad Rizal. “Penggunaan Google Form Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia,” 2014.
Imam Asrori, Dkk. Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat, 2012.
Imam Gunawan. “Evaluasi Program Pembelajaran.” Jurnal Ilmu Pendidikan, no. 1 (2011): 1–13.
Irwan, Irwan, and Atri Waldi. “Implementasi Kahoot! Sebagai Inovasi Pembelajaran.” Journal of Civic Education 2, no. 1 (2019): 126–40. https://doi.org/10.24036/jce.v2i1.130.
Ismail, Taufik Bin, Muhammad Sabri Bin Sahrir, and Aliff Fahmi Bin Abdullah. “ISTIRATIJIYAT AL-TA’ALUM AL-MUBASYIR LADA AL-THALABAH AL-MUTAKHASHISHIN FI AL-LUGHAH AL-‘ARABIYAH BI ISTIKHDAM BARNAMAJ ATLAS.Ti.” Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban 3, no. 2 (2016): 267–81. https://doi.org/10.15408/a.v3i2.3333.
Khaerudin. “Administrasi, Analisis Butir, Dan Kaidah Penulisan Tes.” Madaniyah 1 (2017): 97–128.
Khaerudin, Khaerudin. “Administrasi, Analisis Butir, Dan Kaidah Penulisan Tes.” Jurnal Madaniyah 1, no. 12 (2017): 97–128. https://media.neliti.com/media/publications/195112-ID-administrasi-analisis-butir-dan-kaidah-p.pdf.
Kholisoh, Laili Nur. “Sudahkah Evaluasi Kemahiran Berbicara Bahasa Arab Pada Tingkat Dasar Dilakukan?” Alsuniyat: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Budaya Arab 1, no. 1 (2018): 73–87. https://doi.org/https://10.17509/alsuniyat.v1i1.24200.
Mahirah B. “EVALUASI BELAJAR PESERTA DIDIK (PESERTA DIDIK).” Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan 1, no. 2 (2017): 257–67. https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4269.
Mastuti, Endah. “Pemanfaatan Teknologi Dalam Menyusun Evaluasi Hasil Belajar: Kelebihan Dan Kelemahan ‘Tes Online’ Untuk Mengukur Hasil Belajar Mahapeserta didik.” Penelitian Psikologi, 2016.
Muhammad, Yogga Mar, and Tetep. “IMPLEMENTATION OF KAHOOT APPLICATION TO IMPROVING OF.” Journal Civics & Social Studies 2, no. 1 (2018): 75–92.
Nasution, Syamsiyah, Analisis Perbandingan Evaluasi Pembelajaran Dalam Buku Ajar Bahasa Arab Kelas VII SMP/MTs Muhammadiyah 2 Yogyakarta Dengan MTs Negeri Sleman Kota. Tesis: PPS UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016.
Ni’mah, Khoirotun, and Durrotun Nafisah. “PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SD NEGERI TLOGOREJO SUKODADI LAMONGAN.” Al-Fakkaar: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Arab 1, no. 1 (2020): 23–39.
Prastowo, Andi. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press, 2011.
Rahmawati, Diah. “PEMANFAATAN WORDERSHARE QUIZ CREATOR DALAM PEMBUATAN SOAL-SOAL BAHASA ARAB Arabi : Journal of Arabic Studies.” Journal of Arabic Studies 2, no. 1 (2017): 37–46.
Rasydiana, Yusuf Hanafi, Ibnu Samsul Huda. “Pengembangan Tes Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Aplikasi Kahoot Di MTsN 2 Kota Malang.” Prosiding Konasbara No 5 (2019): 438.
Rochmawati, Andrita Purnamasari dan. “Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dengan Wondershare Quiz Creator Materi Sistem Penilaian Persediaan.” Pendidikan 3 No. 1 (2015): 1–10.
Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Sudijono,Anas, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakata: Raja Grafindo Persada, 2011.
Tsihouridis, Charilaos, Dennis Vavougios, and George S. Ioannidis. “Assessing the Learning Process Playing with Kahoot – A Study with Upper Secondary School Pupils Learning Electrical Circuits.” Advances in Intelligent Systems and Computing 715, no. January (2018): 602–12. https://doi.org/10.1007/978-3-319-73210-7_70.
Wahyuni, Sri dan Abd. Syukur Ibrahim, Asesmen Pembelajaran Bahasa, Bandung: PT Refika Aditama, 2012.
Published
2022-10-05
How to Cite
Sufirmansyah, Z. L. M. (2022). Optimalisasi Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Aplikasi Kahoot Di SD Nu Gurah Kediri. Al-Makrifat: Jurnal Kajian Islam, 7(2), 1-19. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/makrifat/article/view/4844