Islamisasi Ilmu Pengetahuan Perspektif Ismail al Faruqi

  • Lubab El Banan Pasca Sarjana UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
Keywords: Islamisasi, Sains, Pendidikan Islam

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana sebenarnya upaya Islamisasi ilmu pengetahuan dan implikasinya tehadap pendidikan Islam, serta untuk membuktikan bahwa gagasan Islamisasi ilmu merupakan salah satu fenomena gerakan pemikiran kontemporer aktivis dunia Islam di Era 1970-an hingga awal 1980-an. Secara operasional penelitian ini menerapkan metode analisis data. Penggunaan analisis data deskriptif metode yang dimaksudkan untuk menganalisis pemikiran dan gagasan Islamisasi ilmu pengetahuan dan implikasinya bagi fondasi pendidikan Islam. Sumber utama yang dirujuk dalam penelitian ini merupakan karya pemikiran Ismail al-Faruqi terkait dengan konsep Islamisasi ilmu dengan pemikir muslim lainnya seperti Syed Muhammad Naquib Al Attas sebagaimana diketahui bahwa sejak gencarnya wacana Islamisasi ilmu, mengundang para ahli untuk berdiskusi. Di antara para cendekiawan Muslim telah mengemukakan pentingnya sains untuk percaya bahwa sains diperlukan untuk mengislamkan, mengingat sains dalam Pandangannya telah meracuni ideologi dan nilai-nilai filsafat Barat yang banyak bertentangan dengan ajaran Islam. Al-Faruqi dan Al-Attas muncul di tengah-tengah mereka sebagai dua tokoh sentral yang gigih dan kritis mencurahkan gagasannya dalam ilmu pengetahuan modern program islamisasi. Dalam benak mereka, realitas pendidikan yang berkembang saat ini menganut dua sistem pendidikan, yaitu sistem pendidikan Islam dan sistem pendidikan sekuler. Sistem pendidikan, dalam rangka islamisasi ilmu keduanya sistem pendidikan harus diintegrasikan ke dalam sistem yang holistik sehingga tercipta pendidikan sistem yang kuat baik secara material maupun spiritual. Kata kunci: Islamisasi, Sains, Pendidikan Islam

References

Abu Fadl, Mona. 1990. Where East Meets West; The West on Agenda of Islamic Revival, Herndon. Virginia: international Institute of Islamic Thought.
Al-Faruqi, Ismail Raji. 1984. Islamization of Knowledge General Principles and Work Plann, Terj. bahasa Indonesia Islamisasi Pengetahuan, Terj. Anas Mahyuddin, Bandung: Pustaka.
Aziz, M. Amin. Islamisasi sebagai Isu, Jurnal ulumul Qur‟an, volume II, No.4, Tahun 1992.
Bahreisy, Salim. 2005. Ilmu Pendidikan Islam. Surabaya: Bina Ilmu.
Hashim, Rosnani. 2006. Gagasan Islamisasi kontemporer Sejarah, Perkembangan dan Arah Tujuan, Islamia : Majalah Pemikiran dan Peradaban Islam, INSIST: Jakarta, Thn II No. 6/ Juli- September.
Lapidus, Ira M. 2000. Sejarah Sosial Umat Islam, terj. Gufron A.Mas‟adi, Vol. 1, Jakarta: Radja Grafindo Persada.
Muhaimin. 2002. Redefinisi Islamisasi Pengetahuan. Malang: Cendekia Paramulya.
Nasution, Harun. 1988. Pembaharuan dalam Islam, Sejarah Pemikiran dan Gerakan, Jakarta: Bulan Bintang.
Praja, Juhaya S. 2002. Filsafat dan Metodologi Ilmu Dalam Islam. Bandung: Teraju.
Rahardjo, M. Dawam. 2000. Strategi Islamisasi Ilmu Pengetahuan”, dalam Gagasan dan Perdebatan Islamisasi Ilmu Pengetahuan, Moeflih Hasbullahed. Jakarta: Pustaka Cidesindo.
Rais, Amin. 1991. Cakrawala Islam: Antara Cita dan Fakta, Bandung: Mizan.
Syah, Muhibbin. 2002. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandug: Remaja Rosda Karya.
Published
2022-10-06
How to Cite
El Banan, L. (2022). Islamisasi Ilmu Pengetahuan Perspektif Ismail al Faruqi. Al-Makrifat: Jurnal Kajian Islam, 7(2), 121-136. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/makrifat/article/view/4853