MENDIDIK DENGAN TAULADAN
Keywords:
Mendidik, Tauladan
Abstract
Metode adalah seni dalam mentransfer ilmu pengetahuan/materi pelajaran kepada peserta didik yang dianggap lebih signifikan dibanding dengan materi sendiri. Keberhasilan penggunaan suatu metode merupakan keberhasilan proses pembelajaran yang akhirnya berfungsi sebagai determinasi kualitas pendidikan Sehingga metode pendidikan Islam yang dikehendaki akan membawa kemajuan pada semua bidang ilmu pengetahuan dan ketrampilan. Secara fungsional dapat merealisasikan nilai-nilai ideal yang terkandung dalam tujuan pendidikan.Prilaku keteladanan merupakan sebuah metode pendidikaan Islam yang sangat efektif untuk diterapkan oleh seorang pendidik dalam proses pendidikan. Karena pada dasarnya pendidikan merupakan usaha sadar oleh pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani anak didik menuju terciptanya kepribadian yang utama. Sehubungan dengan konsep tersebut, dapat dipetik satu pesan al-Qur’an tentang keteladanan (Uswah Hasanah), karena al-Qur’an mengenalkan jalan menuju ke sana.Semakin sempurna seorang dewasa yang menjadi teladan bagi anak-anak, maka tingkat penerimaan dan keberlansungÂannya juga semakin banyak. Lihat saja tingkah polah dan perilaku anak-anak kita, mereka sangat menyukai periÂlaku orang yang diteladaninya dan dengan senang hati berusaha membentuk dirinya seperti orang yang diteladaninya itu.References
Al Ghazali, Al Ihya’ Ulum al-Din,Juz I, (Kairo: Mu’assah al-Halabi,1967)
Armai, Arief , Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, (Jakarta: Ciputat Press, 2002),
DEPAG RI, Al-Quran dan Terjemahannya, (Jakarta: 1971)
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1995) Edisi ke-2 Cet. Ke-4,
Jundi, Anwar, At-Tarbiyatul Wa Binaul Ajyal Fi Dlauil Islam
Mohammad al-Toumy al-Syaibany, Oemar. Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Bulan Bintang, 1976),
Nata, Abuddin Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam, Seri Kajian Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada, 2001),
Qutb, Muhammad, Sistem Pendidikan Islam, terj. Salman Harun, (Bandung: PT. Al- Ma’arif, tth),
Rakhmad, Jalaluddin dan, Ganda Atmaja,Muhtar Keluarga Muslim dalam Masyarakat Modern, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1993),
Rosyadi, Khoiron, Pendidikan Profetik, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004),
Supriadi, Dedi, Mengangkat Citra dan Martabat Pendidik , (Yogyakarta: Adicita Karya Nusa,1999), Cet. ke-2,
Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1994), cet. ke-2,
Thalib, M. 50 Pedoman Mendidik Anak Menjadi Shalih, (Bandung: Irsyad Baitus Salam,1996),
Armai, Arief , Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, (Jakarta: Ciputat Press, 2002),
DEPAG RI, Al-Quran dan Terjemahannya, (Jakarta: 1971)
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1995) Edisi ke-2 Cet. Ke-4,
Jundi, Anwar, At-Tarbiyatul Wa Binaul Ajyal Fi Dlauil Islam
Mohammad al-Toumy al-Syaibany, Oemar. Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Bulan Bintang, 1976),
Nata, Abuddin Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam, Seri Kajian Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada, 2001),
Qutb, Muhammad, Sistem Pendidikan Islam, terj. Salman Harun, (Bandung: PT. Al- Ma’arif, tth),
Rakhmad, Jalaluddin dan, Ganda Atmaja,Muhtar Keluarga Muslim dalam Masyarakat Modern, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1993),
Rosyadi, Khoiron, Pendidikan Profetik, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004),
Supriadi, Dedi, Mengangkat Citra dan Martabat Pendidik , (Yogyakarta: Adicita Karya Nusa,1999), Cet. ke-2,
Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1994), cet. ke-2,
Thalib, M. 50 Pedoman Mendidik Anak Menjadi Shalih, (Bandung: Irsyad Baitus Salam,1996),
Published
2016-04-15
Section
Articles
Hak Cipta
Jurnal Studi Islam Panca Wahana ini bisa digunakan bagi akademis dan juga khalayak luas.