PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS IT (e-Learning), EFEKTIFKAH ?

Keywords: Teknologi Informasi, pendidikan agama Islam, efektif.

Abstract

Kemajuan Teknologi Informasi banyak membawa dampak positif bagi kemajuan dunia pendidikan dewasa ini, baik dalam hal perangkat keras maupun perangkat lunak. Dengan adanya perkembangan dalam pembelajaran, saat ini banyak pihak penyelenggara pendidikan mulai melirik penerapan konsep distance learning sebagai alternatif pembelajaran yang dianggap lebih efektif dan efisien.Di sisi lain pendidikan agama khususnya agama Islam yang mempunyai tujuan membentuk sikap dan kepribadian muslim yang bertqwa kepada Allah dengan pendekatan keimanan, rasional, emosional, pembiasaan, pengamalan dan keteladanan dirasa kurang efektif bagi sistem pendidikan jarak jauh (distance learning). Karena dengan pendekatan-pendekatan pembelajaran diatas dibutuhkan tatap muka secara langsung, efektif dan terus menerus. Namun demikian, pembelajaran dengan e-Learning tetap merupakan keniscayaan bagi pendidikan agama Islam dalam tataran kognitif.

References

Derajat, Z.. (1976). “Metode Khusus Pengajaran Islam”. Jakarta:Bumi Aksara.
Jogiyanto. (2006). “Sistem Informasi Strategik”. Yogyakarta:Andi Offset.
Sa’ud, Udin Syaefudin. (2010). “Inovasi Pendidikan”. Bandung:Alfa Beta.
Suharsono, Eko Ganis. (2008). “Sistem Informsi Manajemen”. Malang:Surya Pena Gemilang.
Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI. (2007). “Ilmu dan Aplikasi Pendidikan”. Bandung:Intima.
Danim,Sudarwan (2008)”Visi Baru Manajemen Sekolah” Jakarta; Bumi Aksara.
Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003.
Published
2017-02-17
Section
Articles