METODE PENYADARAN PENDIDIKAN ISLAM

Keywords: Penyadaran, Metode Pendidikan Islam

Abstract

      Metode Penyadaran Pendidikan Islam telah menjadi dimensi dari keislaman dan kehidupan umat Islam. Metode penyadaran Pendidikan Islam dalam satu kerangka, bahwa ia merupakan aktualisasi teologis yang dimanifestasikan dalam upaya untuk mempengaruhi cara merasa, berpikir, bersikap dan bertindak manusia agar terwujud masyarakat bidang kehidupan. Tegasnya Metode penyadaran Pendidikan Islam merupakan suatu sistem usaha merealisasikan ajaran Islam pada semua dataran realitas kehidupan sosialSebagai suatu sistem usaha dalam mewujudkan nilai-nilai Islam. Metode penyadaran Pendidikan Islam merupakan sinergi dari sejumlah unsur, bagian, eleman yang antara satu dengan lainnya saling berhubungan dan berinteraksi dalam rangka mencapai tujuan mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur, material dan spiritual yang diridha Allah SWT di dalam usaha mencapai kedamaian dan kesejahteraan di dunia dan di akhirat.Dengan demikian, setiap muslim harus mengakui bahwa Metode penyadaran Pendidikan Islam merupakan bagian pusat pemikiran, karena Metode penyadaran Pendidikan Islam telah menjadi dimensi dari keislaman dan kehidupan umat Islam.

References

Derajat, Z.. (1976). “Metode Khusus Pengajaran Islam”. Jakarta:Bumi Aksara.
Jogiyanto. (2006). “Sistem Informasi Strategik”. Yogyakarta:Andi Offset.
Sa’ud, Udin Syaefudin. (2010). “Inovasi Pendidikan”. Bandung:Alfa Beta.
Suharsono, Eko Ganis. (2008). “Sistem Informsi Manajemen”. Malang:Surya Pena Gemilang.
Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI. (2007). “Ilmu dan Aplikasi Pendidikan”. Bandung:Intima.
Danim,Sudarwan (2008)”Visi Baru Manajemen Sekolah” Jakarta; Bumi Aksara.
Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003.
Published
2017-02-17
Section
Articles