Peran Kepemimpinan Kyai Bersama Alumni Pondok Pesantren Al-Qodiri I Jember di dalam Mewujudkan Metode Siasatul Muluk (New Public Servic) Menuju 5000 Santri “Studi Pada Pondok Pesantren Al-Qodiri I Jember”

  • Asmad Hanisy Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qodiri (STAI Al-Qodiri Jember)

Abstract

Kyai merupakan aktor utama, baik sebagai perintis, pengasuh dan sekaligus pimpinan pesantren. Kyai sangat menentukan dan mewarnai pembentukan tipologi pesantren yangIa pimpin. Tujuan kajian ini adalah untuk mengetahui peran kepemimpinan kyai  bersama alumni pondok pesantren al-qodiri jember didalam mewujudkan metode siasatul muluk (new public servis) menuju 5000 santri. Metode yang digunakan dalam Kajian ini adalah deskriptif. Tipe kajian  yang digunakan dalam kajian ini adalah tipe kajian deskriptif. Berdasarkan hasil kajian disimpulkan bahwadalam bidang perencanaan, pengorganisasian, sistem dan pengawasan di Pondok Pesantren Al-qodiri Jember, kyai mempunyai peran yang sentralistik karena segala sesuatu yang menyangkut bidang perencanaan, pengorganisasian, sistem dan pengawasan didi Pondok Pesantren Al-qodiri Jember, kyai adalah sosok motivator dalam penentu finalnya. Semua yang ada di Pondok Pesantren Al-qodiri Jember akan berjalan jika kyai setuju. Namun jika tidak, maka hal tersebut tidak bisa dijalankan. Kata Kunci: Kepemimpinan, Kyai, Pesantren, dan Siasatul Muluk.
Published
2018-04-09
How to Cite
Hanisy, A. (2018). Peran Kepemimpinan Kyai Bersama Alumni Pondok Pesantren Al-Qodiri I Jember di dalam Mewujudkan Metode Siasatul Muluk (New Public Servic) Menuju 5000 Santri “Studi Pada Pondok Pesantren Al-Qodiri I Jember”. Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 14(1), 154-166. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/qodiri/article/view/3149
Section
Articles