Upaya Peningkatan Hasil Pembelajaran Fiqih Melalui Metode Diskusi Kelompok pada Siswa Kelas XI IPA 1 di Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Balung

  • Dwi Juli Priyono Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qodiri (STAI Al-Qodiri Jember)

Abstract

Dwi Juli Priyono “Upaya Peningkatan Hasil Pembelajaran Fiqih melalui Metode Diskusi Kelompok pada Siswa kelas XI IPA 1 di MA Wahid Hasyim Balung”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi dan situasi pembelajaran yang tidak menarik untuk dipelajari bagi banyak siswa, penggunaan metode yang monoton oleh guru mata pelajaran tersebut sehingga membuat siswa menjadi jenuh dan suasana kelas terasa membosankan. PTK ini terdiri atas empat komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas XI IPA 1 di MA Wahid Hasyim Balung tahun ajaran 2017/2018. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, tes/soal evaluasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan reduksi data, tri angulasi, display data dan analisis statistik model TDF (tabel data frekuensi). Nilai pratindakan rata-rata kelas pada pembelajaran Fiqih sebesar 6,06 dan pada tindakan siklus I sebesar 7,26 yaitu naik sebesar 1,2 (19,81%). Nilai siklus I sampai tindakan siklus II adalah sebagai berikut, nilai tindakan siklus I rata-rata kelas pada pembelajaran Fiqih sebesar 7,26 dan pada tindakan siklus II sebesar 8,29 yaitu naik sebesar 1,03 (14,18%).   Kata Kunci: Pembelajaran Fiqih, Metode Diskusi, Siswa.
Published
2018-08-31
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.