Pengaruh Kompetensi Guru Dan Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Sd Di Kecamatan Balocci Kabupaten Pangkep

  • Muh Yusuf Tahir UIN Alauddin Makassar
  • Fajeriany Fajeriany UIN Alauddin Makassar
  • Saprin Saprin UIN Alauddin Makassar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru; (2) mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran; (3) mendeskripsikan hasil belajar peserta didik pada bidang studi PAI; (4) menguji pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar peserta didik pada bidang studi PAI; (5) menguji pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik pada bidang studi PAI; dan (6) menguji pengaruh kompetensi pedagogik guru secara bersama-sama penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar PAI peserta didik pada SD di Kec. Balocci Kab. Pangkep. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV dan V yang berjumlah 380 orang pada 13 SD di Kec. Balocci Kab. Pangkep. Adapun sampel dalam penelitian ini yakni 13,7% (0,137 x 380) = 52,1 = 52 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket tentang kompetensi pedagogic guru, angket penggunaan media pembelajaran, dan dokumentasi nilai rapor. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian diperoleh: 1) rerata kompetensi pedagogik guru pada SD di Kec. Balocci Kab. Pangkep yaitu 72,87 berada pada kategori sedang .2) Rerata Penggunaan media pembelajaran pada SD di Kec. Balocci Kab. Pangkep yaitu 74,54 berada pada kategori sedang. 3) Rerata hasil belajar PAI peserta didik pada SD di Kec. Balocci Kab. Pangkep yaitu 77,17 berada pada kategori sedang. 4) Hasil uji hipotesis diperoleh , (3,  sehingga H0 ditolakdan H1 diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar peserta didik pada bidang studi PAI pada SD di Kec. Balocci Kab.Pangkep. 5) Hasil uji hipotesis diperoleh , (  sehingga H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik pada bidang studi PAI pada SD di Kec. Balocci Kab. Pangkep. 6) Hasil uji hipotesis diperoleh ,  14  sehingga H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh kompetensi pedagogik guru dan penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik pada bidang studi PAI pada SD di Kec. Balocci Kab. Pangkep. Kata kunci: Kompetensi, Penggunaan Media Pembelajaran dan Hasil Belajar.    
Published
2019-04-01
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.