Influence Kompetensi Tenaga Pendidik (Guru) pada Profesionalisme serta Keterampilan dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Tsanawiyah As’adiyah Itterung Kab. Bone

  • Sabri Sabri Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar
  • Misykat Malik Ibrahim Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar
  • Saprin Saprin Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gambaran kompetensi professional dan keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PAI di Madrasah Tsanawiyah As’Adiyah Itterung Kab. Bone. Jenis penelitian ini didesain dengan metode penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Adapun populasi  dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik  di Madrasah tsanawiyah As’Adiyah Itterung Kab. Bone yang berjumlah 64 orang, Teknik pengumpulan data yaitu kuesioner (angket), observasi dan dokumentasi, dengan teknik analisis data yaitu analisis statistik deskriktif dan analisis  inferensial regresi ganda dengan bantuan SPSS versi 21. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif bahwa kompetensi profesional guru berada pada kategori tinggi dengan jumlah persentase 90,62% dan keterampilan mengajar guru berada pada kategori tinggi dengan jumlah persentase 89,06%, sedangkan prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PAI berada pada kategori rendah dengan jumlah persentase 65,62%. Dari hasil jumlah persentase tersebut didasarkan pada hasil pengujian olah data yang didapatkan dari responden. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial bahwa kompetensi profesional secara langsung berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik ditunjukkan dengan perolehan hasil t-hitung=2.137 dan Sig. (0.037<0.05), maka dapat dikatakan signifikan. Keterampilan mengajar guru berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik ditunjukkan dengan perolehan hasil t-hitung=2.011 dan Sig. (0.049<0.05), maka dapat dikatakan bahwa keterampilan mengajar berpengaruh signifikan. Kompetensi profesional dan keterampilan mengajar guru berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik ditunjukkan dengan perolehan hasil f-hitung=3.588 dengan P-value atau Sig. (0.034<0.05), maka dapat dikatakan bahwa kompetensi profesional dan keterampilan mengajar guru secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PAI di Madrasah Tsanawiyah As’Adiyah Itterung Kab. Bone. Kata Kunci: Kompetensi Profesional, Keterampilan Mengajar Guru, Prestasi Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran PAI.
Published
2019-08-05
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.