Manajemen Pembelajaran Pakem (Partisipatif, Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan)

  • Titin Mariatul Qiptiyah Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ar-Rahmah Suren Ledokombo Jember

Abstract

Pembelajaran PAKEM bersumber dari konsep student-centered learning dan learning is fun, agar anak didik punya motivasi untuk selalu belajar tanpa ada perintah serta mereka tidak punya perasaan berat dan takut. Dengan demikian, aspek dari fun is learning dan memotivasi anak didi supaya melakukan eksplorasi, kreasi aktif dan bereksperimen secara kontinuitas dalam proses belajar menjadi sesuatu aspek signifikan dalam proses belajar PAKEM. Dalam manajemen pembelajaran terdapat tiga langkah pembelajaran. Adapun tiga langkah tersebut, antara lain: 1), perencanaan dari proses pembelajaran PAKEM. Perencanaan dari proses belajar PAKEM bisa dilakukan di saat pendidik mendesain silabus dan RPP; 2), pelaksanaan pembelajaran PAKEM. Pelaksanaan ini merupakan aplikasi dari rencana pembelajaran. Pelaksanaan ini yaitu teridiri dari kegiatan pendahuluan, inti dan penutup pembelajran PAKEM; dan 3) evaluasi pembelajaran PAKEM. Tahap evaluasi/penilaian pembelajaran PAKEM merupakan follow up dalam kegiatan proses belajar PAKEM. Misi/Tujuan evaluasi pembelajaran PAKEM adalah suatu usaha untuk mengidentifikasi dan memahami tingkat kesuksesan dalam proses belajar. Key Words: Manajemen Pembelajaran, PAKEM
Published
2019-08-05
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.