Penggunaan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Pada Siswa Kelompok B Di Raudhatul Athfal(Ra) Al-Falah Wirowongso Kecamatan Ajung Kabupaten Jember

  • Anita Fitriya Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember
  • Zainul Lailialhomsi

Abstract

           Pendidikan Anak UsiaDini (PAUD), khususnya ditaman kanak-kanak sebagai salah satu bentuk layanan pendidikan yang perlu diperhatikan. Hal ini sesuai dengan UU No.20 BAB I,pasal 1 Butir 14 yaitu: Pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang dutujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Fokus penelitiannya adalah 1) Bagaimana perencanaan metode bernyanyi dalam meningkatkan kemampuan bahasa pada Siswa Kelompok B di Raudhatul Athfal (RA) Al-Falah Wirowongso Kecamatan Ajung Kabupaten Jember?2) Bagaimana pelaksanaan metode bernyanyi dalam meningkatkan kemampuan bahasa pada siswa kelompok B di Raudhatul Athfal (RA) AL-Falah Wirowongso Kecamatan Ajung Kabupaten Jember?3) Bagaimana evaluasi metode bernyanyi dalam meningkatkan kemampuan bahasa pada siswa kelompok B di Raudhatul Athfal (RA) Al-Falah Wirowongso Kecamatan Ajung Kabupaten Jember?Adapun tujuannya adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaan metode bernyanyi dalam meningkatkan kemampuan bahasa pada siswa kelompok B di Raudhatul Athfal (RA) Al-Falah Wirowongso Kecamatan Ajung Kabupaten Jember.2) Mendeskripsikan pelaksanaan metode bernyanyi dalam meningkatkan kemampuan bahasa pada siswa kelompok B di Raudhatul Athfal (RA) AL-Falah Wirowongso Kecamatan Ajung Kabupaten Jember.3) Mendeskripsikan evaluasi metode bernyanyi dalam meningkatkan kemampuan bahasa pada siswa kelompok B di Raudhatul Athfal (RA) Al-Falah Wirowongso Kecamatan Ajung Kabupaten Jember. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan jenis penelitiannya field research. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Sementara pengumpulan data menggunakan teknik observasi,wawancara dan dokumentasi. Dalam analisis data peneliti menggunakan analisis data deskriptif, yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data peneliti menggunakan uji kredibilitas dengan melakukan peningkatan ketekunan, triangulasi dan menggunakan bahan refrensi buku. Hasil Penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan metode bernyanyi dalam meningkatkan kemampuan bahasa dengan menyusun RPPH, bahan ajar (materi), metode pembelajaran prosedur penggunaan metode. 2) pelaksanaan metode bernyanyi dalam meningkatkan kemampuan bahasa dengan metode bercerita dan bernyanyi, menerangkan materi,strategi pembelajaran, 3) evaluasi metode bernyanyi dalam meningkatkan kemampuan bahasa dengan tebak gambar, mewarnai, menyebutkan nama-nama organ tubuh, hafalan lagu.
Published
2019-08-05
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.