Pengaruh Aplikasi Metode Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Fiqh Siswa Pada Mts Negeri Gowa Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa

  • A. Hardianti Maulinda Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar
  • Arifuddin Siraj Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar
  • Muh Yusuf T Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan gambaran penerapan aplikasi metode teams games tournament di MTs Negeri Gowa Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa, (2) Mendeskripsikan gambaran hasil belajar fiqih siswa pada MTs Negeri Gowa Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa, (3) Mendeskripsikan pengaruh penerapan aplikasi metode teams games tournament terhadap hasil belajar hasil belajar fiqih siswa pada MTs Negeri Gowa Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Hasil analisis  deskriptif aplikasi metode teams games tournament di MTs Negeri Gowa Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa pada umumnya berada pada kategori tinggi dengan frekuensi 11 orang dari 32 siswa atau 34,38% dengan nilai rata-rata 41. 2) Hasil analisis  deskriptif motivasi belajar di MTs Negeri Gowa Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowapada umumnya berada pada kategori rendah dengan frekuensi 11 orang dari 32 siswa atau 34,38% dengan nilai rata-rata 41. (3) Hasil analisis inferensial diperoleh thitung = 8,891> ttabel = 2,04, maka Ho ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh aplikasi metode teams games tournament terhadap hasil belajar di MTs Negeri Gowa Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa. Implikasi penelitian ini adalah dimana dari hasil penelitian ini kedepannya dapat dijadikan sebagai bahan perbandingan dan rujukan untukmencari metode pembelajaran lain yang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik.   Kata Kunci; Metode Teams Games Tournament, Hasil Belajar.
Published
2019-08-12
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.