I Muharram Tahun 1441 Hijriyah Sebagai Momentum Untuk Revitalisasi Kaum Santri Pondok Pesantren Al-Qodiri Didalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 (Studi Kasus Agenda Rutin Kirap Santri Pondok Pesantren Al-Qodiri Jember)

  • Asmad Hanisy Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qodiri (STAI Al-Qodiri Jember)

Abstract

Abstrak               I Muharram tahun 1441 Hijriyah merupakan tareh atau kelender Islam dimana keberadaannya dilupakan oleh sebagian umat Islam yang sering mengutamakan kalender umum. Namun tidak halnya dengan Pondok Pesantren yang ada di Jawa Timur khususnya Pondok Pesantren Al-qodiri Jember yang rutin melaksanakan dan memperingati I Muharram tahun 1441 Hijriyah yang dikemas dengan upacara santri dengan acara long mack sambil membawa lilin yang diikuti 3000  santri Putra-Putri mengelili area pondok yang luasnya kurang lebih 27 hetar. Metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian Studi Kasus. Hasil peneltiannya adalah Proses peringatan 1 Muharram di PP. Al-Qodiri Jember berlangsung dalam lingkup dirayakan berbentuk karnaval dan mengelili Pondok lalu kembali kelapangan langsung mendengarkan ceramah yang disampaikan oleh Bapak Asmad Hanisy selaku Rektor Institut Agama Islam Al-qodiri Jember dengan mengangkat tema: I Muharram tahun 1441 Hijriyah sebagai momentum untuk revitalisasi kaum Santri Pondok Pesantren Al-Qodiri didalam menghadapi Revolusi Industri 4.0.  Kata Kunci: I Muharram, Revitalisasi Santri dan Revolusi Industri 4.0.
Published
2019-11-16
How to Cite
Hanisy, A. (2019). I Muharram Tahun 1441 Hijriyah Sebagai Momentum Untuk Revitalisasi Kaum Santri Pondok Pesantren Al-Qodiri Didalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 (Studi Kasus Agenda Rutin Kirap Santri Pondok Pesantren Al-Qodiri Jember). Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 8(1), 50-61. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/qodiri/article/view/3526
Section
Articles