Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Pendidikan Karakter Anak Di Usia Dini Di Lembaga Tk Laboratorium Universitas Negeri Malang (Kasus Studi Banding Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember ke TK Laboratorium Universitas Negeri Malang)

  • Asmad Hanisy Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember, Jawa Timur, Indonesia

Abstract

Abstrak                Pendidikan merupakan proses pembelajaran dari sesuatu yang tidak tahu menjadi tahu. Sesuai dengan undang-undang 1945 mencerdaskan kehidupan Bangsa dan menertibkan perdamaian dunia. Kualitas tidaknya suatu lembaga pendidikan bergantung pada kepala sekolah sebagai leadher pendidikan. Kepala sekolah mempunyai peranan yang sangat urgent dalam memajukan lembaga yang dipimpinnya. Maka kepala sekolah bertugas sebagai conseling, pengawas dalam setiap apa yng terjadi di sekolah. Semua permasalahan yang terjadi di sekolah harus mendapatkan solusi yang tepat dari kepala sekolah. Termasuk pendidikan character anak di usia dini di TK Laboratorium Universitas Negeri Malang. Dimana  sosok kepala sekolah dipilih secara demokratis dari jajaran dewan yayasan dan seluruh dewan guru dilibatkan bahkan Rektor juga dilibatkan dalam penentu kebijakan karena lembaga TK Laboratorium Universitas Negeri Malang berada dalam lingkup akademik. Misalnya dalam kepemimpinan yang mengalami 9 kali pergantian ini menampakkan sangat ketat persaingan untuk menduduki jabatan kepala sekolah di TK Lab UM , karena ketika kami interview dengan Bapak Mochtar selaku divisi pimpinan pusat sekaligus mewakili dewan yayasan menyampaikan bahwa “ Kepemimpinan dipilih secara demokratis namun bila ada kepala sekolah yang kurang pas dalam memimpin lembaganya maka bisa diganti dengan yang lain kerena menjaga yang lebih banyak itu lebih penting dari pada mempertahankan seseorang†sehingga ini yang menjadi kenapa terkait ledhership lembaga mengalami pergantian. Selain itu Dewan yayasan dan Rector juga ikut andil didalam menyaring, mengetes atau properties kandidak yang dipilih tentunya bukan karena titel dan kepangkatannya, lebih-lebih beliau mempunyai  kompetensi atau tidak dalam memajukan lembaga yang akan dia pimpin. Selanjutnya terkait kesejahteraan atau HR dimana awalnya gaji dibawah UMR namun dengan berjalannya waktu dengan maju pesatnya lembaga maka sudah selayaknya para tenaga pendidikan mendapat upah sesuai UMR oleh sebab itu Rektor mengamini usulan Dewan yayasan dan Dewan guru TK Lab UM untuk menaikkan gaji seusia UMR yang mana InsyaAlllah akan di cairkan bulan januari 2020 ini merupakan angina segar bagi tenaga pendidik TK Laboratorium Universitas Negeri Malang. ( Mohtar  dan Rahayu Asyahari, Malang, 28 Nopember 2019). Key Work : Pengaruh Kepemimpinan, Karakter Pendidikan  Anak Usia Dini.
Published
2020-08-21
How to Cite
Hanisy, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Pendidikan Karakter Anak Di Usia Dini Di Lembaga Tk Laboratorium Universitas Negeri Malang (Kasus Studi Banding Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember ke TK Laboratorium Universitas Negeri Malang). Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 18(2), 404-415. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/qodiri/article/view/3906
Section
Articles