Analisis Pendekatan Kajian Keislaman Pendidikan Tinggi Berbasis Pesantren (Studi di IAI Al-Qodiri Berbasis Pondok Pesantren Al-Qodiri Di Kabupaten Jember)

  • Zainal Arifin Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember, Jawa Timur, Indonesia
  • Zainuddin Institut Agama Islam Al-Qodiri Jember, Jawa Timur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan analisis pendekatan kajian keislaman pendidikan tinggi berbasis pesantren di IAI Al-Qodiri Jember. Di dalam penelitian ini, metode penelitiannya menggunakan metode kualitatif dengan jenis studikasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). ada tiga pendekatan dalam pengembangan kurikulum yaitu a). pendekatan monodisipliner,b) interdisipliner, dan c).atau multidisipliner. 2). IAI Al-Qodiri Jember memiliki mata kuliah khusus yaitu Tarbiyatul Manaqib dan Ke Aswaja an†3). kajian keislaman dengan menggunakan mazhab Islamisasi ilmu dan ilmuisasi Islam. Kata Kunci: keislaman, integrasi, kurikulum.
Published
2022-01-31
How to Cite
Arifin, Z., & Zainuddin. (2022). Analisis Pendekatan Kajian Keislaman Pendidikan Tinggi Berbasis Pesantren (Studi di IAI Al-Qodiri Berbasis Pondok Pesantren Al-Qodiri Di Kabupaten Jember). Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 19(3), 797-807. https://doi.org/10.53515/qodiri.2022.19.3.797-807
Section
Articles