Upaya Panti Asuhan Mardhatillah Membina Keterampilan Hidup Anak Asuh Di Kabupaten Sukoharjo

  • Egi Hayu Sejati Program Studi Pendidikan Sosiologi Antropologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta
  • Abdul Rahman Program Studi Pendidikan Sosiologi Antropologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta
  • Yuhastina Program Studi Pendidikan Sosiologi Antropologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta

Abstract

Penelitian ini penting dilakukan untuk mempersiapkan, memberikan dan meningkatkan keterampilan hidup anak agar mempunyai bekal keterampilan melalui pembinaan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa upaya panti asuhan Mardhatillah dalam membina keterampilan hidup anak asuh di Sukoharjo. Teori learning by doing digunakan untuk menjelaskan pelatihan keterampilan hidup. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian studi kasus, terdapat sebanyak 20 informan dipilih secara purposive sampling. Data tentang jenis upaya pembinaan keterampilan hidup dikumpulkan dengan wawancara terstruktur, observasi lapangan dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Penelitian ini bermanfaat untuk memberi pandangan kepada pembaca terkait pembinaan keterampilan di panti asuhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kegiatan pembinaan keterampilan hidup di panti asuhan Mardhatillah yang terdiri dari tiga kegiatan yaitu pembinaan memasak, menjahit dan keagamaan. Pada akhirnya upaya panti asuhan dalam mengadakan pembinaan mampu memberikan manfaat berupa bekal keterampilan hidup bagi anak asuh.
Published
2022-08-29
How to Cite
Sejati, E. H., Abdul Rahman, & Yuhastina. (2022). Upaya Panti Asuhan Mardhatillah Membina Keterampilan Hidup Anak Asuh Di Kabupaten Sukoharjo. Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 20(2), 301-317. https://doi.org/10.53515/qodiri.2022.20.2.301-317
Section
Articles