Efektivitas Model Pembelajaran Guided Inquiry Pada Materi IPA Tema 1 Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di SDN 18 Sungai Rotan

  • Ali Topan Prasetya Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Palembang
  • Arief Kuswidyanarko Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Palembang
  • Patricia H.M Lubis Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Palembang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran guided inquiry pada materi IPA tema 1 terhadap hasil belajar siswa kelas V di SDN 18 Sungai Rotan. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas V sebagai kelas eksperimen. Jumlah sampel pada penelitian ini yaitu 17 siswa pada kelas V. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan teknik pengambilan data yang dilakukan dengan melakukan tes, observasi dan dokumentasi. Instrument tes yang digunakan dalam tes hasil belajar IPA berbentuk uraian. Teknik analisa data dilakukan dengan menggunakan uji-t. Hasil uji hipotesis dapat dilihat pada bagian “Equal variances assumed†diketahui nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 atau dapat juga dilihat dari nilai= 0,000 < = 1,166980 maka disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen dikelas V. Dan juga dilihat dari nilai “Mean difference†adalah sebesar 14.88235. Nilai ini menunjukan selisih antara rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen (-14.88235)– (-14.88235) = -14.88235 dan selisih perbedaan tersebut adalah -20.63229 sampai -9.13242 disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signitifikan antara rata-rata keefektivan model pembelajaran guided inquiryterhadap hasil belajar belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 18 Sungai Rotan. Keyword: Guided Inquiry, Hasil Belajar IPA
Published
2023-01-10
How to Cite
Prasetya, A. T., Arief Kuswidyanarko, & Patricia H.M Lubis. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Guided Inquiry Pada Materi IPA Tema 1 Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di SDN 18 Sungai Rotan. Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 20(3), 402-406. https://doi.org/10.53515/qodiri.2023.20.3.402-406
Section
Articles