KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM KITAB TA’LIMUL MUTA’ALLIM KARYA AZ-ZARNUJI
Abstract
Pendidikan Islam adalah penataan individual dan sosial yang dapat menyebabkan seseorang tunduk dan taat pada ajaran agama Islam dan menerapkannya secara sempurna di dalam kehidupan individu dan masyarakat. Pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tingkah laku seseorang atau sekelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui pengajaran dan pelatihan. Pada masa kejayaan Islam yang terjadi pada periode keempat, pemikir- pemikir pendidikan Islam banyak bermunculan pada masa itu, salah satunya adalah Burhanuddin Az-Zarnuji. Beliau adalah sosok pemikir pendidikan Islam yang banyak menyoroti tentang etika dan dimensi spiritual dalam pendidikan Islam. Dalam karyanya, Burhanuddin Az-Zarnuji lebih mengedepankan pendidikan tentang etika dalam proses pendidikan. Hal itu ditekankan bagi peserta didik untuk dirinya bisa memperoleh ilmu pengetahuan yang bernilai guna bagi masyarakat dan bangsanya, serta etika terhadap pendidik dan peserta didik yang lain. Pendidikan Islam menurut pandangan Syekh Az-Zarnuji dalam kitab Ta’limul Muta’allim dapat dipetakan menurut komponen pendidikan, yaitu kurikulum, tujuan pendidikan, guru sebagai pendidik, murid sebagai terdidik, serta metode pendidikan. Tujuan pendidikan dalam hal ini yaitu harus berniat untuk mencari ridha Allah. Dalam memilih guru hendaknya memilih seorang guru yang lebih alim, lebih wara’, dan lebih tua. Seseorang yang menuntut ilmu juga harus memiliki kepribadian yang baik. Az-Zarnuji memberikan metode menghafal, metode mancatat, diskusi dan memahami. Menurut Az-Zarnuji, untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat membutuhkan jalan dan sarana yang tepat, yakni dengan mengagungkan ilmu, dan yang termasuk dalam mengagungkan ilmu adalah menghormati guru dan keluarganya.
Published
2019-02-21
Section
Articles