POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI SISWA KELAS VI MI MIFTAHUL ULUM KEDAWANG KEC. NGULING

  • mat syaifi

Abstract

Pola asuh orang tua adalah pola interaksi antara orangtua dan anak selama masa pengasuhan dan perawatan dengan tujuan untuk membimbing dan mendidik anak-anaknya pada kehidupan yang lebih baik dalam suatu lingkungan keluarga. Peran keluarga terutama orangtua sangat penting dalam mendidik anak baik tinjauan agama, sosial, maupun individu sehingga mampu menumbuhkan perkembangan kepribadian anak menjadi manusia dewasa yang memiliki sikap positif terhadap agama, kepribadian yang kuat dan mandiri, potensi jasmani dan rohani serta intelektual yang berkembang secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola asuh yang diterapkan orang tua siswa terhadap anaknya. Setelah diketahui bagaimana pola asuh yang diterapkan langkah selanjutnya adalah mencari peran pola asuh orangtua terhadap prestasi belajar siswa kelas, Dengan menggunakan pendekatan Kualitatif. dan untuk mendapatkan gambaran yang objektif, faktual, akurat dan sistematis, mengenai masalah-masalah yang ada di obyek penilitian. Untuk mengumpulkan data digunakan beberapa metode yaitu, observasi, interview, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) pola asuh yang digunakan oleh orang tua siswa adalah pola asuh campuran dari ketiga tipe yaitu demokratis, otoriter, dan penelantar dan yang paling banyak dipakai adalah pola asuh demokratis dengan alasan orang bisa mengajak berfikir terhadap anaknya dalam mengambil suatu tindakan sehinggga anak lebih mandiri dan bisa bertanggung jawab serta tidak tertekan dengan pendapat yang telah diambilnya.(b)Kontribusi orang tua atas prestasi anak ada hubungannya sehingga orang tua juga dituntut untuk tidak salah dalam mendidik anaknya begitu juga Disarankan bagi pihak sekolah untuk lebih mengintensifkan hubungan yang sinergis antara sekolah dengan wali murid untuk membantu siswa dalam kegiatan belajar. Kata Kunci : Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi
Published
2020-08-28