MANAJEMEN PUBLIC RELATIONS DALAM MENINGKATKAN KERJASAMA MADRASAH DENGAN MASYARAKAT

  • muhammad Muhlis STAI Salahuddin Pasuruan

Abstract

Akhir-akhir ini sering terjadi hubungan yang kurang harmonis antara lembaga pendidikan dengan masyarakat. hal ini jelas disebabkan oleh banyak faktor seperti kurang maksimalnya peran public relations dalam organisasi sehingga timbul kesenjangan hubungan antara Madrasah dengan masyarakat sebagai pelanggan pendidikan yang berdampak pada nilai atau anggapan dan opini masyarakat terhadap image lembaga pendidikan yang kurang baik. Dalam Manajemen Public Relations dalam Meningkatkan Kerjasama Madrasah dengan Masyarakat ada beberapa tahapan yang harus dilakukan seorang manager meliputi prinsip Manajemen yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi. Pada tahap Perencanaan  manajer merumuskan serangkaian kegiatan meliputi: Menetapkan tujuan atau serangkaian tujuan dengan keputusan-keputusan, Merumuskan keadaan atau kondisi, Mengidentifikasi segala kemudahan dan hambatan internal dan eksternal, Mengembangkan rencana strategis. Adapun bidang kerjasama meliputi: kerjasama antara Madrasah dengan orang tua siswa, Pengorganisasian (Organizing) meliputi: penetapan tujuan yang jelas, Terdapat kesatuan arah sehingga dapat terwujud kesatuan tindakan dan pikiran, Terdapat keseimbangan antara wewenang dengan tanggungjawab, Terdapat pembagian tugas atau pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan, keahlian dan bakat masing-masing, Bersifat relatif permanen, dan terstruktur sesederhana sesuai kebutuhan, koordinasi, pengawasan dan pengendalian, Terdapat jaminan keamanan pada anggota, Adanya tanggung jawab serta tata kerja yang jelas dalam struktur organisasi, Pelaksanaan (Actuating) yaitu: Adanya suatu tujuan yang hendak dicapai yang dibutuhkan kerjasama, Adanya suatu gagasan/ide yang perlu disebarkan sebagai media dalam mempengaruhi orang lain, sehingga orang tersebut dapat merespon dengan positif, Tersedianya salurun yang dapat menghubungkan sumber informasi dengan penerima informasi, Adanya feedback dari penerima berita, Adanya noises atau gangguan tak terencana yang terjadi dalam proses komunikasi sebagai akibat diterimanya pesan lain oleh komunikan yang berbeda dengan pesan yang disampaikan oleh komunikator, Evaluasi (Evaluating) meliputi: Perbaikan sistem, Pertanggung jawaban kepada pemerintah dan masyarakat, Penentuan tindak lanjut hasil pengembangan.   Kata Kunci: Manajemen Public Relations, Kerjasama Madrasah dengan Masyarakat
Published
2020-12-02