AKSESIBILITAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI PESERTA DIDIK MUSLIM TINGKAT SMA/K DI KABUPATEN KLUNGKUNG, BALI

Abstrak

Koperasi syariah “Assalam” merupakan usaha strategis Kepala Madrasah Aliyah (MA) Raudlotul Huffadz, Tabanan untuk mendongkrak satuan pendidikan menuju arah kemajuan, baik dari segi pelayanan dan pengelolaan. Kinerja koperasi syariah “Assalam” menjadi basis sirkulasi pembiayaan dalam rangka mengatasi minimnya pembiayaan operasional pendidikan di MA Raudlotul Huffadz, Tabanan.Fokus utama penelitian adalah bagaimanakah kinerja koperasi syariah “Assalam” menjadi basis sirkulasi pembiayaan operasional pendidikan di MA Raudlotul Huffadz, Tabanan. Ada dua tujuan utama yang ingin dicapai, yakni kinerja secara umum dan kinerja koperasi syariah “Assalam” sebagai basis sirkulasi pembiayaan operasional pendidikan.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui dokumen laporan keuangan koperasi syariah “Assalam” sebagai data utama dan hasil wawancara dengan pengurus koperasi sebagai data pembanding. Sedangkan analisis data menggunakan analisis kuntitatif sederhana dan analisis deskriptif.Hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja koperasi syariah “Assalam” pada tahun pertama menunjukan tingkat liquiditas dan solfabilitas sebesar 110,5% dan rentabilitas sebesar 22,13%. Potensi dana titipan dengan velocity secara keseluruhan mencapai Rp. 19.950.000,-, dan sirkulasi pembiayaan operasional pendidikan mencapai Rp. 18.190.000,- dengan total margin keuntungan yang diperoleh koperasi sebesar Rp. 2.345.000,- melalui skema Murabahah dan Qord. Bahkan ada 9 rencana program rintisan MA Raudlotul Huffadz yang akan menggunakan jasa koperasi syariah “Assalam” di tahun pelajaran akan datang.

Referensi

Aminah, Siti. “Aksesibilitas Pendidikan di Pusat Studi dan Layanan Difabel (PSLD) dan Motivasi Belajar Mahasiswa Difabel Netra UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta”. Tesis. Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2010.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: PT Rineka Cipta. 1998.
Fontana, Andrea dan James H. Frey. “Wawancara; Seni Ilmu Pengetahuan”. dalam Norman K Denzin dan Yvonna S. Lincoln (eds.). Handbook of Qualitative Research, trans. Dariyatno dkk. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2009.
Hadi, Amirul dan Haryono. Metodologi Penelitian Tindakan II. Bandung: Pustaka Setia. 1998.
Ilham, Eko. “Dampak Kebijakan Pendidikan Terhadap Aksesibilitas Masyarakat dalam Memperoleh Kesempatan Pemerataan Pendidikan Tinggi, dengan Studi Perbandingan di Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Muhammadiyah Malang”. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Brawijaya Malang. 2004.
Ismail, Faisal. “Kata Pengantar”, dalam M. Saerozi, Politik Pendidikan Agama dalam Era Pluralisme: Telaah Historis atas Kebijaksanaan Pendidikan Agama Konfesional di Indonesia. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya, cet. Pertama. 2004.
Keputusan Bersama Mendikbud dan Menag No. 4/U/SKB/1999 dan No. 570 tahun 1999 tentang Pelaksanaan Pendidikan Agama pada Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah di Lingkungan Pembinaan Dirjen Dikdasmen.
Libriyanti, Yuyun. “Pendidikan Agama Islam dalam Masyarakat Pluralis (Studi Tentang PAI Pada Kelas XII SMA Se-Kabupaten Klungkung Bali)”. Skripsi. Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2009.
Listia dkk. Problematika Pendidikan Agama di Sekolah; Hasil Penelitian tentang Pendidikan Agama di Kota Jogjakarta 2004-2006. Ed. Listia dan Laode Arham. Jogjakarta: Institut Dian/Interfidei, Cet. I, Juli, 2007.
Milles, Matthew B. dan Michael A. Huberman. Analisis data Kualitatif. Jakarta: UI Press. 1992.
Mu‟ti, Abdul dan Fajar Riza Ul Haq. Kristen Muhammadiyah; Konvergensi Muslim dan Kristen dalam Pendidikan. Jakarta: Al-Wasat Publishing House. 2009.
Peraturan Menteri Agama No. 16 Tahun 2010 tentang Pengelolaan Pendidikan Agama pada Sekolah.
Saerozi, M. Politik Pendidikan Agama dalam Era Pluralisme: Telaah Historis atas Kebijaksanaan Pendidikan Agama Konfesional di Indonesia. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya, cet. Pertama. 2004.
UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS) dan penjelasannya.
Zahidy, Achmad Budhi. “Perluasan Akses Pelayanan Pendidikan SMP (Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal)”. Tesis. Program Pascasarjana Magister Teknik Pembangunan Wilayah dan kota Universitas Diponegoro Semarang. 2008.
Diterbitkan
2016-01-03
Bagian
Articles