EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENGGUNAAN APLIKASI SCREEN TIME-PARENTAL CONTROL DALAM PENGGUNAAN GADGET PADA SISWAKELOMPOK B DI RA RAUDLATUL MUBTADIIN

Authors

  • Norma Gupita
  • Lulu’ Mukarromah
  • Musayyadah Musayyadah
  • luluk_21 badriyah universitas islam madura

DOI:

https://doi.org/10.62525/idealita.2023.v3.i2.94-114

Abstract

Pengaruh yang ditimbulkan dari penggunaan gadget pada anak usia dini tergantung pada bagaimana perilaku orang tua dalam mengawasi serta mengarahkan. Diperlukan pola pengasuhan yang baik dalam menemani anak menggunakan gadget agar sesuai dengan fungsinya dan terhindar dari dampak negatif yang ditimbulkan. Pada penelitian ini, peneliti mempunyai ide untuk melakukan penerapan penggunaan aplikasi Screen Time-Parental Control guna membantu orang tua dalam mengawasi anak dalam menggunakan gadget. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh yang ditimbulkan aplikasi Parental Control tersebut dalam mengawasi serta membatasi anak terkena dampak negatif dari penggunaan gadget, misalnya seperti kecanduan gadget serta dijauhkan dari konten negatif yang tidak sesuai dengan usianya. Data diperoleh melalui angket dan wawancara mendalam terhadap orang tua siswa RA Raudlatul Mubtadiin Desa Toket. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan subjek penelitian siswa kelompok B berserta orang tuanya. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam penggunaan gadget pada anak diperlukan pendampingan dan pengasuhan yang baik dari orang tua dan penerapan penggunaan aplikasi Screen Time-Parental Control ini dapat membantu orang tua dalam mengawasi anak di RA Raudlatul Mubtadiin dalam menggunakan gadget.

Published

2023-11-13 — Updated on 2023-09-28

Versions

How to Cite

Gupita, N., Mukarromah, L., Musayyadah, M., & badriyah, luluk_21. (2023). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENGGUNAAN APLIKASI SCREEN TIME-PARENTAL CONTROL DALAM PENGGUNAAN GADGET PADA SISWAKELOMPOK B DI RA RAUDLATUL MUBTADIIN. IDEALITA: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 3(2), 94–114. https://doi.org/10.62525/idealita.2023.v3.i2.94-114 (Original work published November 13, 2023)

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.