EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENGGUNAAN APLIKASI SCREEN TIME-PARENTAL CONTROL DALAM PENGGUNAAN GADGET PADA SISWAKELOMPOK B DI RA RAUDLATUL MUBTADIIN
DOI:
https://doi.org/10.62525/10.62525/idealita.2023.v3.i2.94-114Abstract
Pengaruh yang ditimbulkan dari penggunaan gadget pada anak usia dini tergantung pada bagaimana perilaku orang tua dalam mengawasi serta mengarahkan. Diperlukan pola pengasuhan yang baik dalam menemani anak menggunakan gadget agar sesuai dengan fungsinya dan terhindar dari dampak negatif yang ditimbulkan. Pada penelitian ini, peneliti mempunyai ide untuk melakukan penerapan penggunaan aplikasi Screen Time-Parental Control guna membantu orang tua dalam mengawasi anak dalam menggunakan gadget. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh yang ditimbulkan aplikasi Parental Control tersebut dalam mengawasi serta membatasi anak terkena dampak negatif dari penggunaan gadget, misalnya seperti kecanduan gadget serta dijauhkan dari konten negatif yang tidak sesuai dengan usianya. Data diperoleh melalui angket dan wawancara mendalam terhadap orang tua siswa RA Raudlatul Mubtadiin Desa Toket. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan subjek penelitian siswa kelompok B berserta orang tuanya. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam penggunaan gadget pada anak diperlukan pendampingan dan pengasuhan yang baik dari orang tua dan penerapan penggunaan aplikasi Screen Time-Parental Control ini dapat membantu orang tua dalam mengawasi anak di RA Raudlatul Mubtadiin dalam menggunakan gadget.Downloads
Published
2023-11-13 — Updated on 2023-09-28
Versions
- 2023-09-28 (2)
- 2023-11-13 (1)
How to Cite
Gupita, N., Mukarromah, L., Musayyadah, M., & badriyah, luluk_21. (2023). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENGGUNAAN APLIKASI SCREEN TIME-PARENTAL CONTROL DALAM PENGGUNAAN GADGET PADA SISWAKELOMPOK B DI RA RAUDLATUL MUBTADIIN. IDEALITA: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 3(2), 94–114. https://doi.org/10.62525/10.62525/idealita.2023.v3.i2.94-114 (Original work published November 13, 2023)
Issue
Section
Articles