PENGEMBALIAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA DINI KORBAN TINDAK PIDANA (PELECEHAN SEKSUAL) DENGAN METODE STORYTELLING

Authors

  • Ramli Jamal Sekolah Tinggi Agama Islam Al Mujtama Pamekasan
  • Desi Ismawati Ismawati
  • Mohammad Mahmudi

DOI:

https://doi.org/10.62525/idealita.2024.v4.i1.15-30

Abstract

Pada anak-anak usia dini, pelecehan seksual memiliki konsekuensi jangka panjang yang merusak terhadap perkembangan fisik dan psikologis mereka. Kepercayaan diri anak, yang sering dirusak oleh pelecehan, sangat penting dalam konteks ini. Untuk menangani kasus pelecehan seksual, berbagai sektor masyarakat harus berkolaborasi, dengan fokus pada pemulihan psikologis anak. Metode cerita bercerita telah muncul sebagai pendekatan baru dalam psikoterapi anak. Namun, masih ada sedikit penelitian tentang bagaimana metode ini mempengaruhi pemulihan kepercayaan diri anak korban pelecehan. Oleh karena itu, penelitian mendalam tentang cara cerita membantu meningkatkan kepercayaan diri anak sangat penting. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang luas tentang karakteristik pelecehan seksual terhadap anak serta penerapan hukum terhadap kasus tersebut dengan menggabungkan metode penelitian pendidikan dan hukum. Hasil studi ini diharapkan dapat menghasilkan peningkatan positif dalam pengetahuan kita tentang cara terbaik untuk mendukung anak-anak yang mengalami trauma pelecehan seksual pada tahap kehidupan yang sangat penting ini.

Published

2024-03-26

How to Cite

Jamal, R., Ismawati, D. I., & Mahmudi, M. (2024). PENGEMBALIAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA DINI KORBAN TINDAK PIDANA (PELECEHAN SEKSUAL) DENGAN METODE STORYTELLING. IDEALITA: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 4(1), 15–30. https://doi.org/10.62525/idealita.2024.v4.i1.15-30

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.