https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/IDEALITA/issue/feed IDEALITA: Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan 2025-07-07T02:27:35+00:00 Mohammad Zakki mohzakki83@gmail.com Open Journal Systems <p><a href="http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/IDEALITA/management/settings/context#masthead/#bottom">IDEALITA: Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan</a></p> https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/IDEALITA/article/view/8018 PONDOK PESANTREN: PROSPEK PENDIDIKAN DI ERA MILENIAL UNTUK PERTUMBUHAN EKONOMI MASYARAKAT 2025-05-13T03:03:36+00:00 Moh kurdi ad.dhahil@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prospek pendidikan di era milenial dalam pertumbuhan ekonomi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam peran Pondok Pesantren Al Falah Sumber Gayam Kadur Pamekasan memilih berperan sebagai fasilitator antara penjual dan pembeli yang artinya pihak pondok pesantren hanya memperbolehkan saja. masyarakat untuk menjual berbagai produk yang sangat dibutuhkan oleh seluruh siswa dan membantu dalam memberikan peluang peningkatan perekonomian masyarakat di lingkungan sekitar pondok. Dengan memotivasi masyarakat untuk menghasilkan suatu produk yang memberikan nilai jual dan Pondok Pesantren Al Falah memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menjual produk yang dihasilkannya. Dalam hal ini Pondok Pesantren Al Falah bukanlah sebagai pelaku usaha melainkan sebagai penyemangat dan motivasi dalam membangkitkan masyarakat untuk meningkatkan perekonomiannya. Sedangkan sebagai faktor pendukung, terdapat media yang menjadi penghubung antara pondok pesantren dengan masyarakat, sehingga seluruh kegiatan pondok pesantren, termasuk kegiatan perekonomian, dapat tersampaikan kepada masyarakat.</p> 2025-03-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 IDEALITA: Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/IDEALITA/article/view/7964 DIFFERENTIATION LEARNING IN IMPROVING 4C SKILLS (COMMUNICATION, COLLABORATION, CRITICAL THINKING, AND CREATIVITY) PRIMARY SCHOOL STUDENTS 2025-04-24T02:39:53+00:00 irwan setia budi irwan irwansetiabudi05@gmail.com Zainal Abidin irwansetiabudi54@gmail.com <p>4C skills are competencies that are the main basis in 21st century learning where students are required to develop both in terms of cognitive, affective and psychomotor aspects, this study aims to determine the process of differentiated learning in improving 4C skills in elementary school students, This study researchers use the Literature Review Method or called Literature Review. literature review is a research method that uses various written sources, including scientific journals, books, and other references for research concepts and topics then analyzed through techniques using Content analysis techniques. Based on the results of the analysis that differentiated learning is able to improve 4C skills where each application carried out by several researchers is able to influence students, both from critical thinking skills, Collaborative, Communicative and Creative The steps taken in the differentiated learning process are by integrating the approach and learning model so that the process of improving 4c skills is carried out in accordance with the syntax or steps of the learning models used.</p> 2025-03-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 IDEALITA: Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/IDEALITA/article/view/8009 UPAYA MEMBENTUK KARAKTER PADA GENERSI MUDA DALAM PENDIDIKAN ISLAM 2025-05-13T01:32:21+00:00 Muhamad Syahrul Salasa syahrulsalasa28@gmail.com Abdul Razaq An-Nabil nabilpasoeroean098@gmail.com <p>Banyak anak muda saat ini terlibat dalam kegiatan yang tidak sesuai dengan perilaku moral. Di mana mengajarkan cita-cita universal yang dapat dianut oleh semua lapisan masyarakat merupakan tujuan pendidikan Islam. Akibatnya, pendidikan Islam tidak hanya membantu membentuk karakter generasi mendatang tetapi juga memajukan negara dan masyarakat. Proses membantu generasi mendatang mengembangkan kualitas moral dan spiritual yang penting bagi keberadaan manusia. Lebih jauh, pendidikan Islam dapat membantu generasi muda dalam menghindari perilaku buruk dan mengatasi masalah sosial. Tujuan artikel ini adalah untuk membahas tentang cara menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam pada generasi mendatang.</p> 2025-03-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 IDEALITA: Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/IDEALITA/article/view/8116 GRAND DESIGN SMAGATren PROYEKSI PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN UNGGULAN BERWAWASAN PESANTREN SMA NEGERI 3 PAMEKASAN 2025-06-19T03:55:05+00:00 Hendri Masduki Hendri dzikry.2015@gmail.com Muji Sobirin Sobirinmuji79@gmail.com Faridah Faridah sman3pmk@gmail.com Halimatus Sakdiyah matus.fis16@gmail.com <p>Kesepakatan bersama pimpinan; pengelola; pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) dalam rangka membangun kualitas mutu satuan pendidikan sebagai titik awal <em>Grand design SMAGATren </em>spektrum proyeksi penyelanggaraan pendidikan unggulan berwawasan pesantren SMA Negeri 3 Pamekasan, yang selanjutnya diangkat menjadi konteks permasalahan dalam penelitian improftif <em>(improvetive research) </em>dengan pendekatan analisis deskriptif sebagai pilihan rasional dalam penelitian ini. Program SMAGATren (Pesantren SMA Negeri 3 Pamekasan) merupakan skema kebijakan strategis yang berorientasi pada proses fasilitasi penegembangan minat bakat; dan potensi peserta didik agar mempunyai komptensi berkeunggulan sains teknologi (SAINTEK) berbais integratif penguatan nilai-nilai agama, yang diharapkan mampu melahirkan profil lulusan yang religius dengan kemantapan iman dan takwa kepada Tuhan yang Maha esa; beilmu pengetahuan dan berkemajuan; cerdas; kreatif; inovatif; responsif; kompetebel; dan berdaya saing, serta mampu menjawab tantangan zaman dan tunutan dunia kerja, sebagai standar dalam spektrum proyeksi tatakelola dan tatalaksana penyelenggaraan pendidikan dan sistem pembelajaran unggulan berwawasan pesantren SMA Negeri 3 Pamekasan.</p> 2021-03-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 IDEALITA: Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/IDEALITA/article/view/8140 PENDIDIKAN ISLAM KEPADA SISWA SD DALAM MENUMBUHKAN SIKAP TOLERANSI DAN KEBERSAMAAN 2025-07-07T02:27:35+00:00 Emir Faisal Alfarobi emirfaisal03@gmail.com Muhammad Briliano Raditya Syandana nanobriliano@gmail.com <p>This study outlines the importance of teaching interfaith respect and appreciating local culture starting from elementary school. Indonesia, which has many religions, tribes, and cultures, still experiences problems with low understanding of the importance of tolerance. One of the main reasons is the lack of knowledge in society. This study aims to investigate how Islamic education can build attitudes of tolerance and coexistence among elementary school students. The method used is literature analysis by examining information from various sources such as books, journals, and research articles. The results of the study show that the role of teachers is very important not only in academic aspects, but also in instilling Islamic values, introducing diversity, and carrying out activities that help build attitudes of tolerance. Islamic education contributes to shaping students' character so that they can live harmoniously amidst differences. Therefore, it is hoped that educators can create effective ways to insert attitudes of tolerance from the beginning in the elementary school environment.</p> 2025-03-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 IDEALITA: Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan