https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/IQTISODINA/issue/feedIQTISODINA2024-12-31T04:05:54+00:00FaqihIqtishodina.iainata@gmail.comOpen Journal Systemshttps://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/IQTISODINA/article/view/7774ANALISIS STUDI KELAYAKAN BISNIS PADA PENGEMBANGAN UMKM USAHA BEBEK POTONG DI MRECAH TANAH MERAH2024-12-29T16:00:06+00:00Siti Muflihah Mufl96979@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan bisnis dalam pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di sektor peternakan bebek potong. Studi ini menggunakan pendekatan studi kelayakan yang meliputi aspek pasar, teknis, manajemen, hukum, lingkungan, dan keuangan. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi lapangan, dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha bebek potong memiliki potensi pasar yang signifikan dengan permintaan yang terus meningkat. Analisis teknis mengungkapkan bahwa usaha ini memerlukan teknologi dan pengetahuan khusus, namun tetap dapat diimplementasikan dengan baik oleh UMKM. Dari segi manajemen, dibutuhkan perencanaan dan pengelolaan yang efektif untuk mencapai keberhasilan. Aspek hukum menunjukkan bahwa usaha ini mematuhi regulasi yang berlaku. Dampak lingkungan dari usaha bebek potong dapat diminimalisir dengan manajemen limbah yang baik. Analisis keuangan menunjukkan bahwa usaha ini menguntungkan dengan periode pengembalian investasi yang relatif singkat. Secara keseluruhan, hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pengembangan usaha bebek potong layak untuk dijalankan dan berpotensi memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian lokal serta peningkatan kesejahteraan pelaku UMKM.</p> <p>Kata Kunci: studi kelayakan, UMKM, bebek potong, analisis bisnis, pengembangan usaha.</p>2024-12-29T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 IQTISODINAhttps://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/IQTISODINA/article/view/7777MEMBANGUN TIM YANG EFEKTIF MELALUI PERAN JOB ANALISIS 2024-12-29T16:14:21+00:00Nur Sari Azzahranursariazzahrazahra5088@gmail.comMudji Kuswirnonursariazzahrazahra5088@gmail.com<p>Kedai “S nya S” di Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan. Merupakan Kedai yang menjual aneka ragam makanan. Salah satu yang menjadi ciri khas dari kedai “S nya S” ini adalah Sop Buahnya, setiap weekend Kedai ini selalu rame dengan pendatang dari berbagai Kabupaten. Peran Job Analisis dalam membangun tim yang efektif di Kedai "S nya S", menghadapi tantangan dalam mengelola kualitas kerja tim, yang berdampak pada layanan pelanggan dan produktivitas. Dengan bantuan Job Analisis, lokakarya ini menemukan tugas, tanggung jawab, dan keterampilan yang dibutuhkan untuk setiap pekerjaan dalam tim. Melalui analisis ini, owner kedai “S nya S” dapat merekrut, melatih, dan menempatkan karyawan berdasarkan kebutuhan kedai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Job Analisis terbaik dapat meningkatkan kinerja, kepuasan karyawan, dan kualitas layanan. Artikel ini memberikan saran tentang bagaimana kedai dapat menggunakan Job Analisis untuk membangun tim yang stabil dan efektif dan menyoroti pentingnya karir dalam manajemen sumber daya manusia.</p> <p> </p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>Job Analisis, Tim yang Efektif, dan Kedai “S nya S”.</p>2024-12-29T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 IQTISODINAhttps://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/IQTISODINA/article/view/7781PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM TRANSAKSI JUAL BELI DI PASAR BARU PORONG SIDOARJO2024-12-29T16:30:29+00:00Zalqira Najarillah220721100108@student.ac.idAbdur Rohmanabdur.rohman@trunojoyo.ac.id<p><em>Pasar tradisional memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari masyarakat umum sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli . Namun, perkembangan zaman telah menyebabkan persaingan bisnis semakin tinggi hal ini memunculkan persaingan tidak sehat dan kecurangan dalam aktivitas jual beli seperti memberi beban pada timbel timbangan. Oleh karena itu, pentingnya menerapkan etika bisnis Islam ini dalam setiap aktivitas jual beli, terutama di pasar tradisional seperti Pasar Baru Porong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk meneliti bagaimana para penjual muslim menerapkan etika Islam dalam transaksi penjualan mereka di pasar Baru Porong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar penjual sayur di Pasar Baru Porong telah menggunakan prinsip tauhid (kesatuan), adl (keseimbangan), ikthiyar(kehendak bebas), fard (tanggungjawab), dan di setiap aktifitas jual beli mereka. Meskipun ada sebagian dari penjual belum menerapkan prinsip prinsip tersebut seperti ketidakjujuran dalam hal timabang menimbang</em></p> <p> </p> <p><strong>Kata Kunci </strong>: Etika Bisnis Islam, Jual Beli, Pasar.</p>2024-12-29T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 IQTISODINAhttps://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/IQTISODINA/article/view/7788PENGARUH PERBANKAN DAN EKONOMI MAKRO TERHADAP PENGELUARAN KONSUMSI RUMAH TANGGA DI NEGARA ANGGOTA OKI2024-12-31T04:05:54+00:00Suyyinah Suyyinahsuyyinah0896@gmail.comLia Ayu RokhmanasariLiaayuar@gmail.com<p>Pembiayaan perbankan syariah sudah seharusnya membantu masyarakat dalam meningkatkan pengeluaran konsumsi rumah tangga, namun penelitian pada topik ini masih jarang dilakukan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perbankan syariah terhadap pengeluaran konsumsi rumah tangga di 10 negara Islam yang tergabung dalam OKI dari tahun 2013 – 2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode analisis panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiayaan perbankan syariah berpengaruh positif dan signifikan dalam meningkatkan pengeluaran konsumsi rumah tangga. Sementara untuk variabel kontrol pada penelitian ini yaitu kredit bank konvensional juga berpengaruh positif terhadap pengeluaran konsumsi rumah tangga, indeks harga konsumen (IHK) tidak memiliki pengaruh terhadap pengeluaran konsumsi rumah tangga, sedangkan tenaga kerja berpengaruh negatif pada pengeluaran konsumsi rumah tangga.</p> <p> </p> <p> </p>2024-12-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 IQTISODINAhttps://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/IQTISODINA/article/view/7760ANALISIS PENGARUH PERTANIAN MODERN TERHADAP KESEJAHTERAAN EKONOMI 2024-12-29T14:25:01+00:00Faqih Faqihas.faqih08@gmail.comMaryam Qadarinmaryamqadarin@gmail.comAtoullah Atoullahas.faqih08@gmail.com<p>Dalam sistem modernisasi pertanian dapat dilihat pada penggunaan metode budidaya yang lebih baik dan efektif, penerapan alat mesin pertanian dengan teknologi tepat guna dari mulai pengolahan lahan, pemanenan dan penanganan pasca panen, penggunaan benih unggul, pemupukan yang tepat guna dan mencukupi, penggunaan SDM pertanian yang lebih berkualitas, serta efesiensi penggunaan sumber daya alam terutama air irigasi sehingga keseimbangan lingkungan tetap terjaga paparnya. Ada tiga hal yang secara minimum harus tercapai untuk kehidupan yang bermartabat yaitu pendapatan, pendidikan dan kesehatan. Sedangakan dampak pertanian modern sangatlah banyak membantu bagi mereka, khususnya dari segi pendapatan yang bisa digunakan untuk pendidikan dan kesehatan bagi kesejahteraan masyarakat Kamuning. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu Bagaimana sistem pertanian modern di Desa Kamuning dan Bagaimana dampak adanya pengaruh pertanian modern terhadap kesejahteraan ekonomi masyarakat Kamuning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang didapatkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi yang dihimpun dan dianalisis. Teknik-teknik pengabsahan data menggunakan triangulasi data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah dilihat dari sistem pertanian modern maka pengaruh terhadap petani dalam menerapkannya sistem tersebut sangat berdampak besar seperti halnya mempermudah untuk mengelolah, tidak memakan waktu banyak dan memperoleh hasil yang memaksimalkan. Kesejahteraan merupakan bagian penting dalam menjaga dan membangun keseimbangan dalam perekonomian dan memungkinkan pertumbuhan ekonomi dan sosial yang berkelanjutan melalui sumber daya alam seperti sektor pertanian. Berdasarkan indikator dari kesejahteraan maka proses pertumbuhan ekonomi merupakan pertumbuhan yang mendukung pembangunan manusia yang lebih berkualitas. Dan mengenai dampak pertanian modern sangat membantu dalam kesejahteraannya baik dari pendidikan, kesehatan dan pendapatannya yang sangat mendukung pembangunan manusia yang lebih berkualitas. Saran penelitian adalah sistem pertanian modern diharapkan masyarakat Kamuning dapat melanjutkan cara-cara yang baru agar hasilnya lebih maksimal untuk kedepannya.</p> <p> </p> <p> </p>2024-12-29T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 IQTISODINAhttps://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/IQTISODINA/article/view/7763METODE SCREENING AND SHORTLISTING REKRUTMEN KARYAWAN DALAM SEBUAH PERUSAHAAN2024-12-29T15:01:53+00:00Moh Rodiaminollahrodiamin07@gmail.comMoh Ali Fahmiafahmi884@gmail.com<p>Rekrutmen adalah proses pengambilan karyawan baru yang melibatkan identifikasi dan penilaian individu yang memenuhi syarat untuk posisi yang tersedia di perusahaan. Proses rekrutmen dilakukan oleh lembaga pemerintah, BUMN, dan swasta untuk mendapatkan karyawan yang tepat dan dapat bertahan lama. Penelitian ini menganalisis proses perekrutan karyawan dengan menggunakan metode Screening And Shortlisting dalam sebuah perusahaan, dimana metode ini dilakukan agar mendapatkan SDM yang sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan dan sesuai dengan visi misi yang diusung oleh perusahaan. Perusahaan yang menggunakan metode ini akan mempermudah perekrutan SDM, akan meminimalisir pengeluaran keuangan dan mengefisienkan waktu. Dalam perusahaan yang terbilang baik biasanya seleksi dilakukan sebelum pelaksanaan rekrutmen karyawan, namun terlepas dari itu perusahaan tidak serta merta melakukan rekrutmen walaupun kebutuhan karyawan sangat diperlukan ada tahapan-tahapan yang harus dilakukan oleh perusahaan sebelum melakukan hal tersebut, salah satunya adalah seleksi administrasi, sebelum melangkah lebih jauh, pihak perusahaan akan mengidentifikasi berkas-berkas adminitrasi pihak pelamar, walaupun tidak sedikit pelamar banyak yang tidak lolos dari segi kualifikasi. Tahapan-tahapan yang dilakukan oleh perusahan akan mengacu pada SOP perusahaan, kalah memang sesuai dan di butuhkan oleh perusahaan tahap seleksi administrasi akan dilanjutkan kepada tahap selanjutnya, baik berupa pemanggilan, interviu dan lain lain. Apabila seleksi telah selasai dilakukan pihak perusahaan baru akan mengadakan pertemuan dengan pihak terkait untuk bisa mengambil keputusan apakah pelamar tersebut bisa diterima atau tidak.</p> <p><strong> </strong></p> <p>Kata Kunci: Screening and Shortlisting, Rekrutmen, Perusahaan.</p>2024-12-29T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 IQTISODINAhttps://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/IQTISODINA/article/view/7766ANALISIS PENDAPATAN DAN KELAYAKAN USAHATANI PADI DESA MODUNG KECAMATAN MODUNG KABUPATEN BANGKALAN2024-12-29T15:18:43+00:00Kurniatus Zahroh Wijaya220721100030@student.trunojoyo.ac.idAbdur Rohmanabdur.rohman@trunojoyo.ac.id2024-12-29T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 IQTISODINAhttps://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/IQTISODINA/article/view/7769ANALISIS PENERAPAN PRINSIP ETIKA BISNIS ISLAM PADA UMKM 2024-12-29T15:35:10+00:00Siti Nurhaliza220721100129@student.trunojoyo.ac.idAbdur Rohmanabdur.rohman@trunojoyo.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah UMKM Zaramuthir telah menerapkan prinsip-prinsip etika bisnis Islam dalam menjalankan usahanya dan bagaimana penerapan prinsip etika bisnis Islam dalam UMKM Zaramuthir. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (<em>field research</em>) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan UMKM Zaramuthir telah menerapkan prinsip-prinsip etika bisnis Islam dalam menjalankan usahanya, dengan prinsip kesatuan/tauhid, prinsip keseimbangan, prinsip kehendak bebas, prinsip tanggung jawab dan prinsip kebenaran.</p> <p><strong> </strong></p> <p><strong>Kata Kunci:</strong> UMKM, Zaramuthir, Etika Bisnis Islam.</p>2024-12-29T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 IQTISODINAhttps://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/IQTISODINA/article/view/7772ANALISIS STRATEGI PEMASARAN SYARIAH UMKM BATIK2024-12-29T15:52:09+00:00Abel Fitriyaningrum220721100042@student.trunojoyo.ac.idAbdur Rohmanabdur.rohman@trunojoyo.ac.id<p>Batik Sendang Duwur merupakan batik yang diproduksi oleh warga Desa Sendang Duwur Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Terutama sesuai dengan karakteristik Desa Sendang Duwur sebagai wilayah pesisir. Penelitian menunjukkan bahwa pemilik UMKM Batik Sendang Duwur Paciran Lamongan telah menanamkan sifat-sifat berdagang Rasulullah SAW, seperti Shidiqq (jujur dan benar), Amanah (dapat dipercaya), Fathanah (cerdas), dan Tabligh. Proses pemasarannya yang jujur, amanah, dan transparan tentang produk yang dijualnya, dan melihat pesaingnya sebagai mitra dan melihat persaingan secara sehat, menunjukkan hal ini. Pemasaran menggunakan kombinasi 7P, yaitu <em>product, price, place, promotion, people, process, physical evidence.</em> Penelitian lapangan ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk mengumpulkan data tentang subjek dan sumbernya melalui pengamatan. di UMKM Batik Sendang Duwur Paciran Lamongan kemudian peneliti melakukan pengumpulan data hasil wawancara, catatan lapangan. Peneliti ini melibatkan pemilik toko dan karyawan disana.</p> <p>Kata Kunci; Strategi Pemasaran syariah, </p>2024-12-29T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 IQTISODINAhttps://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/IQTISODINA/article/view/7775ASPEK KEUANGAN PENGEPUL BARANG RONGSOKAN DI DESA PAKA’AN 2024-12-29T16:04:53+00:00Ana Sofiya220721100052@student.trunojoyo.ac.idAbdur Rohmanabdur.rohman@trunojoyo.ac.id<p>Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya anggapan remeh oleh sebagian masyarakat terhadap usaha di bidang barang bekas atau rongsokan di desa Paka’an Daya. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana aspek keuangan pengepul barang rongsokan apakah profitabilitas atau tidak. Metode penelitian ini menggunakan jenis kualitatif karena berlandaskan observasi dan pengamatan saat kegiatan sedang berlangsung. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang “aspek keuangan pengepul barang rongsokan didesa Paka’an Daya ditinjau dari studi kelayakan bisnis” dapat diambil kesimpulan. Bahwa, aspek keuangan pengepul barang rongsokan didesa Paka’an Daya ditinjau dari studi kelayakan bisnis yaitu profitabilitas. Sesuai dengan analisis aspek keuangan dalam studi kelayakan bisnis yang dipelajari, sehingga dapat dikatakan bisnis barang rongsokan ini layak untuk dijalankan. Dan anggapan remeh masyarakat terhadap usaha dibidang barang bekas adalah salah. Karena terbukti bisnis yang dipandang sebelah mata oleh sebagian masyarakat bisa menghasilkan laba atau keuntungan yang fantastis.</p> <p> </p> <p><strong>Kata Kunci: Aspek keuangan, Pengepul Barang Rongsokan, Studi Kelayakan Bisnis.</strong></p> <p> </p>2024-12-29T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 IQTISODINAhttps://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/IQTISODINA/article/view/7778MENDORONG LAJU PERTUMBUHAN PEREKONOMIAN INDONESIA MELALUI PASAR MODAL SYARIAH2024-12-29T16:20:50+00:00Tsanya Rusyda220721100176@student.trunojoyo.ac.idSiti Mufliha220721100233@student.tunojoyo.ac.idWildan Setiawan220721100226@student.trunojoyo.ac.idAri Dimas Afandiaridimasafandi@gmail.com<p>Pasar modal syariah di Indonesia menjanjikan potensi besar dalam mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan Penelitian ini menyelidiki evolusi pasar modal syariah dan pengaruhnya terhadap perekonomian Indonesia. Dengan menganalisis variabel yang mempengaruhi pasar modal syariah serta kontribusinya terhadap pertumbuhan ekonomi, penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang peran pasar modal syariah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan ulasan literatur sistematis (SLR), yang memberikan gambaran mendalam tentang tingkat pengetahuan saat ini tentang topik ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasar modal syariah telah berkembang pesat, tetapi potensinya masih belum dieksplorasi sepenuhnya. Pendanaan untuk sektor-sektor produktif, inklusi finansial, dan investasi berkelanjutan adalah beberapa cara pasar modal syariah membantu pertumbuhan ekonomi Indonesia. Perkembangan pasar modal syariah juga dipengaruhi oleh regulasi pemerintah, pendidikan masyarakat, dan kerja sama antarlembaga. Pasar modal syariah dapat memaksimalkan potensinya dengan meningkatkan literasi keuangan, menyederhanakan regulasi, dan memperkuat infrastrukturnya. Dengan demikian, pasar modal syariah memiliki kapasitas yang lebih besar untuk memajukan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan di Indonesia.</p> <p><strong>Kata Kunci :</strong> Pasar Modal Syariah, Kontribusi, Faktor-Faktor Pertumbuhan.</p>2024-12-29T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 IQTISODINAhttps://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/IQTISODINA/article/view/7782PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM TRANSAKSI JUAL BELI DI PASAR TRADISIONAL PLOSO2024-12-29T16:34:56+00:00Siti Nurul Lathifah220721100076@student.trunojoyo.ac.idAbdur Rohmanabdur.rohman@trunojoyo.ac.id<p><em>A traditional market is a place that can bring together sellers and buyers to transact directly, providing daily needs. Traditional markets are still a common place for sales transactions in Indonesia, including the Ploso traditional market, Jombang Regency. However, unethical business practices often occur in traditional markets, such as fraud, selling fake goods, and giving consumers unfair prices. Therefore, it is necessary to apply correct business ethics and in accordance with the principles of Islamic economic ethics in carrying out sales transactions in traditional markets. This research method uses a qualitative method using data sources directly from the field, in the form of observations, interviews and documentation from several sources. The results of this research show that the majority of traders in the Ploso traditional market have implemented the principles of Islamic business ethics, such as honesty, fairness and not committing fraud in transactions. However, there are still some traders who do not fully understand and apply the principles of Islamic business ethics.</em></p> <p><strong><em>Keywords </em></strong><em>: Islamic Business Ethics, Buying and Selling, Traditional Markets.</em></p>2024-12-29T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 IQTISODINAhttps://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/IQTISODINA/article/view/7761PERAN INSTRUMEN KEUANGAN SYARIAH DALAM KEBIJAKAN MONETER2024-12-29T14:41:15+00:00Nawaliyah Nawaliyahlianawaliyah6@gmail.comMohamad Mahfid Ahnanmahfiedahnan11@gmail.comNur Ina Aviainur91871@gmail.com<p>Instrumen keuangan syariah telah menjadi perhatian utama karena karakteristiknya yang sesuai dengan prinsip-prinsip Islam. Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan peran instrumen keuangan syariah dalam kebijakan moneter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan data dari review literatur yang relevan. Data dianalisis secara deskriptif untuk memahami peran instrumen keuangan syariah dalam kebijakan moneter. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa instrumen keuangan syariah dapat memainkan peran yang signifikan dalam kebijakan moneter dengan berkontribusi pada stabilitas ekonomi yang berkelanjutan, pengendalian inflasi, dan peningkatan akses keuangan bagi masyarakat. penelitian ini menyimpulkan bahwa instrumen keuangan syariah memiliki potensi untuk menjadi alternatif yang efektif dalam mencapai tujuan-tujuan kebijakan moneter. Oleh karena itu, penting bagi bank sentral untuk mempertimbangkan penggunaan instrumen keuangan syariah dalam pelaksanaan kebijakan moneter guna mencapai tujuan-tujuan ekonomi yang diinginkan.</p> <p> </p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>Instrumen Keuangan Syariah; Kebijakan Moneter; Stabilitas Ekonomi; Inflasi; Akses Keuangan.</p>2024-12-29T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 IQTISODINAhttps://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/IQTISODINA/article/view/7764ANALISIS ASPEK KEUANGAN DALAM STUDI KELAYAKAN BISNIS PADA USAHA PETIS UDANG DI BUNGAH GRESIK2024-12-29T15:08:06+00:00Muhammad Muzhirul Alam220721100069@student.trunojoyo.ac.idAbdur Rohmanabdur.rohman@trunojoyo.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk menilai kelayakan bisnis produksi terasi di Bungah, Gresik melalui analisis keuangan. Bungah, Gresik dikenal dengan industri perikanannya yang berkembang pesat, yang menawarkan peluang pasar signifikan bagi bisnis terasi. Analisis kelayakan dilakukan menggunakan berbagai indikator keuangan seperti Nilai Bersih Sekarang (NPV), Tingkat Pengembalian Internal (IRR), dan Periode Pengembalian (PBP). Penelitian ini bersifat kualitatif. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif, di mana data yang dikumpulkan dianalisis dan ditinjau secara kritis secara sistematis dan mendalam, kemudian dijelaskan secara naratif.</p> <p><strong>Kata kunci:</strong> Kelayakan usaha, terasi, analisis keuangan, kualitas produk, Bungah Gresik.</p>2024-12-29T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 IQTISODINAhttps://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/IQTISODINA/article/view/7767ANALISIS PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM PADA USAHA BUAH KELAPA DI SELOPENG KABUPATEN SUMENEP2024-12-29T15:22:59+00:00Ismah Thayyibah Hanun ismahthayyibahhanun@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan jual beli khususnya usaha buah kelapa di Kabupaten Sumenep dari perspektif etika bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi lapangan, dan studi dokumen terkait usaha buah kelapa di wilayah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik jual beli dalam ini umumnya telah sesuai dengan prinsip-prinsip etika bisnis Islam, seperti kejujuran, keadilan, dan tanggung jawab sosial. Namun, terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh pelaku usaha, seperti kurangnya pemahaman mendalam tentang konsep bisnis Islam dan tantangan dalam menjaga kualitas produk. Rekomendasi yang dihasilkan dari penelitian ini meliputi perlunya pelatihan dan penyuluhan mengenai bisnis Islami, serta peningkatan dukungan dari pemerintah daerah untuk pengembangan. Dengan penerapan etika bisnis Islam yang konsisten, diharapkan buah kelapa di Kabupaten Sumenep dapat tumbuh lebih berkelanjutan dan memberikan manfaat ekonomi yang lebih luas bagi masyarakat.</p> <p><strong><em>Kata Kunci:</em></strong><em> Etika Bisnis Islam, Buah Kelapa.</em></p>2024-12-20T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 IQTISODINAhttps://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/IQTISODINA/article/view/7770ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA UMKM TOKO BUSANA GERAI MEDI PAMEKASAN2024-12-29T15:42:25+00:00Agung Dharmawan220721100005@student.trunojoyo.ac.idAbdur Rohmanabdur.rohman@trunojoyo.ac.id<p>Tingkat persaingan yang semakin tinggi di era digital menuntut UMKM untuk mengadopsi strategi pemasaran yang efektif guna memperkuat brand awareness mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran yang diterapkan oleh UMKM pada toko busana "Gerai Medi" di Kota Pamekasan di era digital, dengan fokus pada membangun brand awareness. menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, dan observasi. Hasil penelitian menyebutkan bahwasanya aspek strategi pemasaran pada toko busana gerai medi melalui tiga cara yaitu instagram, tiktok, whatsaap, dan facebook, memiliki peluang sangat efektif dalam pemasaran produknya. Terbukti bahwa gerai medi mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan dengan penjualan secara offline.</p> <p> </p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: strategi pemasaran, umkm, era digital, brand awareness, media sosial, studi kelayakan bisnis.</p>2024-12-29T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 IQTISODINAhttps://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/IQTISODINA/article/view/7773ANALISIS STRATEGI PEMASARAN USAHA TOKO KELONTONG BANDUNG UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM2024-12-29T15:56:00+00:00Afrilia Helfiana afriliahelfiana@gmail.com<p>Perkembangan teknologi dan persaingan usaha semakin tinggi membuat para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM) harus memiliki startegi yang bagus agar tidak kalah kompetitor, terlebih lagi pesaing dalam dunia pertokoan sangat besar karena kalah merk dengan toko-toko besar seperti alfamart, indomaret. Tujuan dari penelitian ini guna untuk menggambarkan bagaimana cara pemasaran yang baik dan besar agar dapat meningkatkan penjualan pada toko kelontong. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatis dengan Teknik pengumpulan data meliputi: wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penjulan yang diperoleh oleh toko kelontong bandung sangat stabil dan mendapatkan keuntungan dari bulan sebelumnya.</p> <p><strong> </strong></p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>Strategi Pemasaran, Persaingan, Bauran Pemasaran.</p>2024-12-29T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 IQTISODINAhttps://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/IQTISODINA/article/view/7776ASPEK PEMASARAN PADA USAHA PETIS IKAN TONGKOL 2024-12-29T16:08:48+00:00Nabila Nabilabilbila797@gmail.comAbdur Rohmanabdur.rohman@trunojoyo.ac.id<p>Kabupaten Bangkalan di Pulau Madura, Provinsi Jawa Timur, Indonesia, memiliki potensi perikanan yang signifikan, terutama di Kecamatan Sepulu, di mana mayoritas masyarakatnya bekerja sebagai nelayan. Ikan Tongkol, sebagai salah satu hasil tangkapan utama, memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan berpotensi dikembangkan menjadi produk makanan laut halal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi pengembangan produk makanan laut halal berbasis ikan tongkol di Kecamatan Sepulu dan memberikan rekomendasi pengembangan industri halal daerah. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif, mengumpulkan data primer dan sekunder, serta melakukan analisis SWOT untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman produk olahan ikan tongkol halal. Studi ini menemukan bahwa strategi SO (strengths-opportunities) dapat diimplementasikan oleh UMKM lokal untuk memanfaatkan kekuatan internal dalam meraih peluang eksternal. Langkah-langkah yang direkomendasikan termasuk meningkatkan produksi, diversifikasi produk, memperluas pasar, dan memanfaatkan media sosial untuk promosi serta penjualan. Penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan makanan laut halal di Kecamatan Sepulu dapat memberikan manfaat ekonomi signifikan bagi masyarakat setempat.</p> <p> </p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>Pemasaran, SKB.</p>2024-12-29T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 IQTISODINAhttps://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/IQTISODINA/article/view/7779ORGANIZATIONAL CAPITAL 2024-12-29T16:25:53+00:00Thijanul Arobyarobythijanul@gmail.comM. Isa Anshoriisa.anshori@trunojoyo.ac.id<p>Membentuk suatu organisasi yang baik tentunya membutuhkan fondasi yang kuat salah satunya yaitu <em>organizational capital. Organizational capital </em>merupakan sekumpulan sumber daya dan kemampuan internal organisasi yang menjadi ciri khas serta mampu meningkatkan kemampuan organisasi dalam mencapai tujuannya dengan kata lain, <em>organizational capital </em>merupakan sarana dan prasarana pendukung karyawan agar dapat melakukan pekerjaan dengan maksimal. Sehingga hal ini sangat penting untuk dipelajari bersama mengingat dampaknya yang sangat krusial bagi sumber daya manusia dalam suatu organisasi. Maka penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apa saja kriteria dalam <em>organizational capital </em>dan mengapa menjadi hal yang krusial untuk diterapkan dalam organisasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan di mana merupakan jenis penelitian yang melibatkan serangkaian kegiatan untuk mengumpulkan dan memproses informasi yang diperoleh dari berbagai sumber pustaka baik itu buku, jurnal ilmiah, majalah, koran, dan dokumen lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tanpa adanya <em>organization capital</em>, perusahaan tidak akan dapat berkembang atau bahkan berjalan. Nilai sebenarnya dari sebuah perusahaan berasal dari tenaga kerjanya. Maka dari itu, perusahaan harus memanfaatkan SDM sebaik mungkin agar dapat menjadi aset penting yang bisa diandalkan.</p> <p><strong>Kata Kunci: <em>Organizational Capital</em>, Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Kerjasama.</strong></p>2024-12-29T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 IQTISODINAhttps://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/IQTISODINA/article/view/7783PSIKOLOGI INDUSTRI BISNIS OBJEKTIF DAN TARGET2024-12-29T16:39:23+00:00Nur Betty Purnama Putriittebetty@gmail.comMochammad Isa Anshoriisa.anshori@trunojoyo.ac.id<p>Business objective and target adalah target bisnis yang dinyatakan secara spesifik, terukur, realistis, relavan dan berbatas waktu. Dengan kata lain mewakili hasil apa yang kita inginkan, misalnya dalam satu tahun, dua tahun, tiga tahun dan seterusnya. Hasil tersebut sebisa mungkin harus terukur. Sehingga, kita bisa menilai kemajuan kita dan mengukur seberapa baik dan cepat kita mencapainya. Selain itu, objective yang terukur juga penting untuk mengambil langkah korektif ketika tidak tercapai sesuai dengan yang kita tetapkan. Di era teknologi big data saat ini, data yang banyak dimiliki perusahaan dapat dimanfaatkan untuk membantu perusahaan dalam perencanaan dan pengambilan keputusan. Misalnya pemanfaatan data profit usaha untuk evaluasi kinerja. Proses evaluasi kinerja yang objektif yang dapat menggambarkan konidisi perusahaan yaitu melalui pencapaian target-target dari setiap faktor yang mempengaruhi</p> <p>pencapaian profit. Banyaknya veriabel yang mempengaruhi percapaian profit ini maka dibutuhkan analisa yang mendalam dan tersistem agar mendapatkan informasi yang utuh, cepat dan akurat. Akan tetapi, selama ini perusahan distributor hanya fokus pada faktor penjualan saja, dan mengabaikan factor yang lain. Selanjutnya, jumlah data keuangan yang besar yang telah terkomputerisasi selama ini di Gerai Mustika juga belum dimanfaatkan secara maksimal untuk membantu manajemen dalam memperkirakan pencapaian profit dimasa masa depan. Penelitian bertujuan untuk membangun sistem estimasi pencapaian target profit dari data keuangan perusahaan menggunakan model regresi berbasis machine learning<strong>.</strong></p> <p><strong> </strong></p>2024-12-29T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 IQTISODINAhttps://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/IQTISODINA/article/view/7759PENGARUH PEMAHAMAN INVESTASI, PERSEPSI RETURN DAN PERSEPSI RESIKO TERHADAP MINAT INVESTASI MAHASISWA2024-12-29T14:15:36+00:00Ubaidillah Ubaidillahubaidshafa@gmail.comShafaratin Nurul Hasanahshafaratin5@gmail.com<p>Sebagai suatu tindakan yang didasarkan pada tujuan mencari keuntungan dengan <em>probability</em> yang cukup besar, investasi sangatlah penting untuk dilakukan sejak awal agar kita dapat mempersiapkan kebutuhan yang terencana maupun yang tidak terencana di masa yang akan datang. Karena itu penelitian ini memiliki tujuan untuk mengukur serta menganalisa Pemahaman Investasi, Persepsi Return, Persepsi Resiko dan pengaruhnya terhadap minat investasi mahasiswa. Desain penelitian ini merupakan kuantitatif dengan objek penelitian adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAI Nata yang berjumlah total 80 orang. Metode analisis datanya adalah kuantitatif deskriptif. Analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan SmartPLS. Hasil analisa menunjukan bahwa pemahaman investasi berpengaruh signifikan terhadap minat investasi mahasiswa, namun persepsi resiko dan returntidak menunjukan hasil tidak berpengaruh terhadap minat investasi mahasiswa</p>2024-12-29T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 IQTISODINAhttps://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/IQTISODINA/article/view/7762FAKTOR SOSIAL DAN POLITIK EKONOMI TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN LAYANAN KEUANGAN SYARI’AH2024-12-29T14:55:12+00:00Riski Rahmawati 220721100061@student.trunojoyo.ac.idNabila Ika Ariyanti 220721100212@student.trunojoyo.ac.idDewi Eka Mustika Sari 220721100084@student.trunojoyo.ac.idMashudi Mashudimashudi.fkis@trunojoyo.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor sosial dan politik ekonomi terhadap keputusan masyarakat dalam menggunakan layanan keuangan syariah. Dalam konteks Indonesia, layanan keuangan syariah telah mengalami perkembangan pesat dalam beberapa dekade terakhir, terutama dengan dukungan regulasi pemerintah dan kesadaran masyarakat akan pentingnya ekonomi Islam. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui wawancara mendalam dengan sejumlah responden yang mewakili berbagai latar belakang sosial dan ekonomi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor sosial, seperti norma agama dan komunitas, serta faktor politik ekonomi, seperti kebijakan pemerintah dan stabilitas ekonomi, memiliki pengaruh signifikan dalam keputusan individu menggunakan layanan keuangan syariah</p> <p> </p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>Faktor Sosial, Politik Ekonomi, Keuangan Syariah, Keputusan Penggunaan, Indonesia.</p>2024-12-29T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 IQTISODINAhttps://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/IQTISODINA/article/view/7765ANALISIS ASPEK MANAJEMEN INDOMARET ALUN-ALUN BANGKALAN DALAM PERSPEKTIF STUDI KELAYAKAN BISNIS2024-12-29T15:14:10+00:00Firaninta Putri Afrilia220721100221@student.trunojoyo.ac.idAbdur Rohmanabdur.rohman@trunojoyo.ac.id<p>Indonesia adalah negara berkembang dengan pesatnya di bidang bisnis. Hal tersebut menciptakan persaingan yang ketat dalam bidang bisnis. Sehingga setiap perusahaan memiliki strategi untuk mampu bersaing dengan perusahan lainnva, Retail yang saat ini adalah menjadi bisnis yang sangat kopetitif. Salah satunya bisnis retail yang ada di Indonesia adalah Indomaret manajemen yang baik juga menjadi faktor keberhasilan suatu usaha, maka suatu usaha yang mengalami pailit (bangkrut) mencerminkan dari buruknya manajemen di dalamnya begitupun sebaliknya. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskripsif objek penelitian adalah Retail Indomaret alun-alun Bangkalan Sumber data penelitian ini menggunakan data primer, metode pengumpulan data yakni menggunakan wawancara. Aspek manajemen yang diterapkan oleh perusahaan indomaret yaitu Perencanaan, Pengorganisasian, Penggerakan, Pengendalian. Untuk tetap kompetitif, indomaret harus mengelola operasionalnya secara efektif seperti perencanaan strategi, perencanaan operasional. Perencanaan keuangan, perencanaan pemasaran. perencanaan SDM, manajemen pengorganisasian, manajemen penggerakan, manajemen pengendalian. Operasional perusahaan yang berjalan lancar dapat dilihat dari baiknya pengelola aspek manajemen.</p> <p> </p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>Aspek Manajemen, Indomaret, Retail.</p>2024-12-29T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 IQTISODINAhttps://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/IQTISODINA/article/view/7768ANALISIS PENERAPAN FATWA MUI WISATA HALAL2024-12-29T15:30:19+00:00Putri Leni Asyari220721100148@student.trunojoyo.ac.idAbdur Rohmanabdur.rohman@trunojoyo.ac.id<p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hotel syariah yang ada di kota Bangakalan telah menerapkan Fatwa MUI, terkait dengan pariwisata halal. Penginapan Syariah Ikhlas Beramal merupakan salah satu penginapan di Bangkalan yang menerapkan prinsip syariah. Penginapan ini dapat di katakan syariah karena fasilitas yang tersedia sudah sesuai dengan konsep syariah. Fokus dari penelitian ini adalah menganalisis penerapan fatwa MUI terhadap Hotel Syariah di Bangkalan, Hotel Syariah Ikhlas Beramal Bangkalan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah <em>Systematic Literature Review</em> (SLR), yang merupakan pendekatan penelitian dan pengembangan untuk mengumpulkan dan mengevaluasi temuan-temuan penelitian yang berkaitan dengan topik tersebut.</p> <p> </p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>Hotel Syariah, Fatwa MUI, Pariwisata Halal.</p>2024-12-29T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 IQTISODINAhttps://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/IQTISODINA/article/view/7771ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK KERUPUK IKAN DI DESA SROWO 2024-12-29T15:47:45+00:00Putri Amalia Zahra20721100168@student.trunojoyo.ac.idAbdur Rohmanabdur.rohman@trunojoyo.ac.id<p>Strategi pemasaran merupakan pemasaran yang komprehensif, fleksibel, dan spesifik, promosi produk kerupuk yang strategi, dan pendistribusian kerupuk ikan yang luas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran produk kerupuk ikan di desa Srowo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan fokus analisis literature dan sumber data sekunder. Terdapat tantangan mengenai proses produksi kerupuk ikan di desa Srowo tersebut akan tetapi masih bisa di atasi dengan baik oleh para produsen. Hasil penelitian mengatakan bahwa strategi pemasaran kerupuk ikan di desa Srowo sudah cukup berjalan dengan baik. Hal tersebut bida diketahui dari segi peningkatan dalam proses produksi kerupuk ikan. dengan adanya strategi marketing yang baik bisa memperkenalkan produk kerupuk ikan desa Srowo dikenal masyarakat luar tidak hanya daerah sekitar akan tetapi berkembang ke daerah luar jawa ataupun negara tetangga.</p> <p> </p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>strategi pemasaran, kerupuk ikan, Srowo.</p> <p><strong> </strong></p>2024-12-29T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 IQTISODINA