Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dan Publikasi Jurnal Ilmiah Bagi Guru-Guru di Kabupaten Tuban

Penulis

  • Mu'jizatin Fadiana Universitas PGRI Ronggolawe
  • Warli Warli Universitas PGRI Ronggolawe
  • Heny Sulistyaningrum Universitas PGRI Ronggolawe
  • Puji Rahayu Universitas PGRI Ronggolawe

DOI:

https://doi.org/10.35309/dharma.v1i2.4355

Kata Kunci:

Writing scientific articles, Publications, Classroom Action Research

Abstrak

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya kemampuan menulis karya ilmiah pada guru-guru. Tujuan kegiatan adalah meningkatkan kemampuan guru-guru dalam menyusun artikel ilmiah berbasis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode kegiatan ini berupa pelatihan dan pendampingan kepada peserta. Pelatihan dilaksanakan dalam jaringan (daring) melalui aplikasi zoom, sedangkan pendampingan juga dilaksanakan daring melalui aplikasi Grup Telegram . Kegiatan ini dilaksanakan melaui 4 tahap,meliputi; tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap pendampingan, dan tahap evaluasi. Instrumen untuk mengukur keberhasilan proses dan hasil pelatihan menggunakan angket dan lembar evaluasi. Berdasarkan data hasil pengabdian masyarakat dapat disimpulkan bahwa pengetahuan guru-guru tentang penulisan karya tulis ilmiah, publikasi karya ilmiah dan profesionalisme guru mengalami peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan dari keberhasilan guru dalam mempublikasikan artikel ilmiah. Serta terjalin hubungan kerjasama yang efektif antara MGMP dan prodi pendidikan matematika FKIP Universitas PGRI Ronggolawe Tuban.  

Referensi

Afandi, M. H., Arifin, Z., Saikhon, M., & Ramdhan, T. W. (2021). Community Empowerment Efforts Through Collecting Coin Funds in Ngronggot Village, Ngronggot District, Nganjuk Regency. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, 6(3).
Kemendiknas. 2010. Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru Buku 4 - Pedoman Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dan angka Kreditnya. Jakarta: Kemendiknas –PMPTK.
Mashudi, M., Suparyanto, D., & Arisandi, B. (2020). Pendayagunaan Potensi Ekonomi Desa Paterongan Kecamatan Galis Melalui KKN Mahasiswa STAIDHI Tahun 2020. Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1-16.
Mawardi. 2012. Kebijakan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dan Kewajiban Memenuhi Jam Mengajar: Sebuah Kebijakan Dilematis?. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 2(1), 91-115.
Sujianto. 2013. Pengembangan Profesionalitas Berkelanjutan/Continuing Professio nality Development (CPD) Guru Bersertifikat Pendidik di SMK Rumpun Teknologi se-Malang Raya. Malang: Pendidikan Kejuruan-Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Sunardi. 2013. Guru dan Perubahan Jaman (Menulis Untuk Lulus atau Stagnan Sehingga “Mati Alus”).Widya Sari. 15(1) : 98-105.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-06-10

Cara Mengutip

Fadiana, M., Warli, W., Sulistyaningrum, H., & Rahayu, P. (2021). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dan Publikasi Jurnal Ilmiah Bagi Guru-Guru di Kabupaten Tuban. Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 77–89. https://doi.org/10.35309/dharma.v1i2.4355

Terbitan

Bagian

Articles