Pelatihan Tata Kelola Webinar Bagi Pengurus dan Anggota UKK KSR PMI Unit IAIN Pekalongan
DOI:
https://doi.org/10.35309/dharma.v1i2.4402Keywords:
tata kelola, landing page, sertifikat, zoom, dan remajaAbstract
Saat ini kecanggihan teknologi menghadirkan terobosan ide baru dalam aktivitas pendidikan. Webinar menjadi solusi untuk efektifitas penggunanaan media belajar online. Kolaborasi online dan bermedia teknologi informasi saat ini sangat relevan untuk dilakukan. Salah satu metode pelatihan yang tetap dapat diaplikasikan di tengah pandemi Covid-19, yakni metode pembelajaran seminar online melalui webinar. Oleh karena itu pelatihan tata kelola webinar bagi pengurus dan anggota UKK KSR PMI Unit IAIN Pekalongan sangat perlu disampaikan dengan metode yang menarik disesuaikan dengan generasi Z internet generation. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pendampingan tentang tata kelola webinar sebagai program pengenalan bagaimana melaksanakan webinar secara online dan untuk mendalami program digital pada masa pandemic covid-19 untuk melangsungkan kegiatan secara online. Metode pengabdian masyarakat ini dilakukan pada hari Minggu tanggal 14 Februari 2021 di Kampus 2 IAIN Pekalongan dengan peserta 40 orang pengurus dan anggota UKK KSR PMI Unit IAIN Pekalongan yang notabennya generasi Z internet generation. Metode yang digunakan pada pelatihan ini yaitu training atau pelatihan serta pendampingan secara langsung. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa kegiatan ini telah berjalan lancar. Kegiatan pengabdian ini terdiri dari tiga aktivitas ini yaitu pelatihan membuat landing page pendaftaran, pelatihan pembuatan sertifikat secara cepat, dan pelatihan tata kelola zoom. Para peserta pengabdian sangat antusias mengikuti acara pelatihan tata kelola webinar, hal ini dapat dibuktikan melalui hasil post test kegiatan ini yang menunjukan bahwa 40 peserta atau 100% para peserta senang mengikuti acara pelatihan tata kelola webinar. Hasil pengamatan yang telah dilakukan oleh tim pengabdian juga menunjukan bahwa hampir semua peserta 87% (35 peserta) mampu membuat landing page pendaftaran, mampu membuat sertifikat dan e-sertifikat secara cepat, dan mampu mengoperasionalkan aplikasi zoom.References
Gunawan, I. G. D., Suda, I. K., & Primayana, K. H. (2020). Webinar Sebagai Sumber Belajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 4(2), 127–132.
Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286
Kemendikbud. Vol.I / 2 / 2020. (2020).
Larson, T., & Potter, J. (1995). Integrated Marketing Communication Management: Journal of Nonprofit & Public Sector Marketing, 3(2), 23–36. https://doi.org/10.1300/j054v03n02_03
Mansyur, Anaway Irianti, dkk. (2019). Webinar Sebagai Media Bimbingan Klasikal Sekolah Untuk Pendidikan Seksual Berbasis Online (Meta Analisis Pedagogi Online). Suloh. Volume. 4. No. 1. 26-30.
Maulana, F. (2018). Kontribusi Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dalam Meningkatkan Informasi Keluarga Berencana (KB) di Kota Bkita Aceh. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2988/
Mashudi, M., Suparyanto, D., & Arisandi, B. (2020). Pendayagunaan Potensi Ekonomi Desa Paterongan Kecamatan Galis Melalui KKN Mahasiswa STAIDHI Tahun 2020. Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1-16
Nurohmah, R., Aini, N., Kholik, A., & Maryani, N. (2020). Literasi Media Digital Keluarga di Tengah Pandemi COVID-19. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 159. https://doi.org/10.30997/ejpm.v1i2.2834
Pasaribu, V. S., Rahmayati, E., & Puri, A. (2015). Hubungan Perubahan Fisik Usia Remaja Dengan Rasa Percaya Diri Pada Siswi Kelas 7. Jurnal Keperawatan, XI(1), 81–85.
Publik, I., Mahasiswa, M., Pandemi, S., Susanto, T., & Kusumaningrum, R. (n.d.). Webinar Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Bereputasi Dan. 4(2), 96–104.
Saputro, Z. khamim. (2017). Aplikasia: Jurnal aplikasi ilmu-ilmu agama ( memahami ciri dan tugas perkembangan masa remaja). Jurnal Aplikasi Ilmu Ilmu Agama, Volume 17(No 1), 25–32.
Sutrisno., G. dan E. (2017). Kependudukan Dan Ketenagakerjaan. In Modul mata kuliah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.