Sharing Knowledge melalui Sosialisasi Pengelolaan Sampah Plastik di Propinsi Sulawesi Tenggara

Penulis

  • Laode Muhamad Fathun UPN Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.35309/dharma.v2i1.4757

Abstrak

Paper ini menulsikan tentang pengelolaan sampah plastic di Propinsi Sulawesi Tenggara studi kasus di Kabupaten Muna dan Buton. Kegiatan ini berbentuk sharing knowledge penulis Bersama mitra Komunitas Diplomasi Kota Indonesia pada tahun 2020 -2021. Kegiatan ini menggunakan metode observasi, sosialisasi dan wawancara dalam membangun mindset masyarakat. Penulis menemukan bahwa kegiatan pengelolaan sampah plastic di Muna dan Buton sudah maksimal. Hal ini dilakukan karean masyarakat menjunjung tinggi nilai moralitas sebagai bentuk tanggung jawab social. Nilai kebudayaan sebagai fondasi masyaraakat dalam menjaga laut. Artinya penulis dalam sharng knowledge hanya mengkonfirmasi aktifitas masyarakat dan sedikit memberi pengetahuan kepada masyaraakat. Masyarakat sudah sangat paham dalam menjaga laut sebagai bagian dari identitas, branding, representasi ketangguhan. Laut adalah media leluhur maysrakat yang harus dilestarikan sebagai bentuk apresiasi. Karena laut menjadi sumber ekonomi masyarakat setempat. Sehingga, jika dirusak alamnya maka akan merusak ekonomi masyarakat sekitar. Sosialisasi dan sharing knowledge berjalan efektif karena masyarakat tidak perlu dibekali banyak dalam menjaga laut. Pengalaman kebudayaan dan prinsip moral menuntun  mereka agar bisa menjadikan laut sebagai asset masa depan. Laut adalah cara manusia berhubungan dengan alam, sumber daya alam.

Referensi

Arisandi, Bustomi, Mufaizin Mufaizin, and Musohihul Hasan. "Pelatihan Pembuatan Teh Rosella dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat di Desa Sorpa Kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan." Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1.1 (2020): 28-37.

Inu Kencana, Syafii,. Ekologi Pemerintahan Indonesia, Jakarta:Kompas Gramedia. 2019.

Haromin, Imam, Bahrul Ulum, and Abd Aziz. "Pengolahan Jahe Pandan Menjadi Produk Minuman Herbal (Japan) Untuk Meningkatkan Kualitas SDM Ekonomi Kreatif di Desa Kampak Kecamatan Geger." Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1.1 (2020): 49-60.

Kholid, Kholid, Mudarris Mudarris, and Masdar Masdar. "Olahan Kunyit Asam Menjadi Minuman Herbal Sinom untuk Meningkatkan Perekonomian Desa Kajuanak Galis Bangkalan." Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1.1 (2020): 61-72.

Miller, S. M..J. Global Dangers Changing Dimmentions of International Security . Cambridge : MTT Press, 1995.

Mochamad Yani,Yanyan dan Ian, Moersetama. Pengantar Studi Keamanan. Malang : Intrans Publishing, 2017.

Remacle, Eric “Approaches To Human Security: Japan, Canada, And Europe In Comparative Perspective, †The Journal Social Science, 66, ( 2008)

https://www.google.com/amp/s/www.voaindonesia.com/amp/malaysia-pulangkan-ratusan-ton-sampah-plastik/4952963.html

https://m.medcom.id/amp/1bVyXwnN-pemeriksaan-65-kontainer-limbah-plastik-di-batam-rampung

https://m.kumparan.com/amp/kumparanbisnis/impor-sampah-masuk-indonesia-ternyata-dipicu-kebijakan-china-1rIdE1zj1LJ

https://news.detik.com/berita/d-4586721/indonesia-kirim-balik-5-kontainer-sampah-ke-as

https://www.google.com/amp/s/amp.dw.com/id/kala-indonesia-jadi-surga-pembuangan-sampah-negara-maju/a-49232628

https://www.google.com/amp/s/m.republika.co.id/amp/pscyr0348

https://www.suarasurabaya.net/tag/prigi-arisandi-direktur-eksekutif-ecoton/

https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/regional/read/2018/11/22/15452011/5-fakta-kematian-paus-di-wakatobi-59-kg-sampah-plastik-di-perut-hingga

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-12-25

Cara Mengutip

Fathun, L. M. (2021). Sharing Knowledge melalui Sosialisasi Pengelolaan Sampah Plastik di Propinsi Sulawesi Tenggara. Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 25–48. https://doi.org/10.35309/dharma.v2i1.4757

Terbitan

Bagian

Articles