Optimalisasi Bimbingan Keagamaan Dalam Peningkatan Kecerdasan Spiritual Anak di TPQ An-Nur Wonorejo, Kabupaten Pekalongan

Authors

  • Mohammad Syaifuddin UIN K.H. Abdurrahman Wahid, Pekalongan
  • Nursya Sekar Tanti UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Muchamad Munif UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.35309/dharma.v3i2.6413

Keywords:

bimbingan, keagamaan, kecerdasan spiritual

Abstract

Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang signifikan terhadap proses pendidikan baik secara formal maupun informal. Salah satu bentuk kepedulian jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) FTIK UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan adalah dengan menggerakkkan para civitas akademiknya untuk mengurangi salah satu permasalahan pendidikan dalam ranah spiritual. Bimbingan keagamaan merupakan salah satu kegiatan yang termasuk program kerja dari Departemen Pendidikan HMJ PAI UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Kegiatan ini merupakan agenda rutin HMJ PAI setiap minggunya setelah adanya pandemi Covid-19. Pelaksanaan bimbingan HMJ PAI ini dilaksanakan di TPQ an-Nur desa Wonorejo, kecamatan Kajen, kabupaten Pekalongan. Materi yang diajarkan meliputi materi-materi keagamaan untuk meningkatkan kecerdasan spiritual seperti sholat, puasa, dan materi lainnya yang masih berkaitan dengan materi keagamaan. Anak yang diajar pun berasal dari berbagai usia mulai dari umur 4 tahun hingga 12 tahun.Hasil dari kegiatan bimbingan keagamaan ini adalah anak-anak usia 4-12 di TPQ an-Nurdesa Wonorejo mengalami peningkatan kecerdasan spiritualnya. Hal ini ditandai dengan meningkatnya ketaqwaan dalam wujud rajin sholat lima waktu dan tepat waktu, jujur, sabar, meningkatnya empati kepada teman lainnya dan berjiwa besar

References

Azzet, Akhmad Muhaimin. 2020. Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Bagi Anak. Yogyakarta : Katahati.

Farida, Saliyo. 2018. Teknik Bimbingan Konseling Islam. Kudus: Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kudus.

Hajrah.“Pengembangan Metode Bercerita Pada Anak Usia Diniâ€. Makassar: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik Vol 12, No 2.

Hidayati, Nur Ifa. 2020. Pelaksanaan Bimbingan Keagamaan Dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak di RA Al-Ikhlas Mlaten Mijen Demak. Skripsi : Bimbingan Penyuluhan Islam UIN Walisongo Semarang.

Kamaruzzaman. 2016. Bimbingan dan Konseling. Pontianak: Pustaka Rumah Aloy.

Kinanti, Risna Dewi. 2018. “Peranan Bimbingan Keagamaan dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Remajaâ€. Jurnal Irsyad : UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2018.

Lubis, Rahmat Rifai. 2018. “Optimalisasi Kecerdasan Spiritual Anak†. Medan : Al-Fatih : Jurnal Pendidikan dan Keislaman. No.1.

Mariani. 2021. “Pendidikan Holistik Dalam Islam: Studi Terhadap IQ, EQ, dan SQ.†Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam 11(1):1–11. doi: 10.18592/JTIPAI.V11I1.4780.

Najati, M. Utsman. 2022. Belajar EQ & SQ dari Sunnah Nabi. Jakarta : Hikmah.

Naja, F. N., Ramadhani, N. F., & Askaffi, T. M. (2022). Penanggulangan Stunting melalui Peningkatan Partisipasi Masyarakat dengan Sosialisasi dan Edukasi Stunting di Desa Sukorejo. Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 16-26.

Paradila, Sani dan Chodijah, Siti. 2020. “Bimbingan Agama Islam Dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritiual Anak Usia Dini,†Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 1, no. 2.

Desa, Profil. n.d. “DESA WONOREJO – Moto Situs Anda Bisa Diletakkan Di Sini.†Retrieved June 17, 2023 (http://wonorejo-kajen.desakupekalongan.id/).

Setyowati, Endah, Alviani Permata, Koordinatorat Mata, Kuliah Humaniora, Universitas Kristen, and Duta Wacana. 2018. “Service Learning: Mengintegrasikan Tujuan Akademik Dan Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Pengabdian Kepada Masyarakat.†Bakti Budaya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(2):143.

Warli, W., Sulistyaningrum, H., & Rahayu, P. (2021). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dan Publikasi Jurnal Ilmiah Bagi Guru-Guru di Kabupaten Tuban. Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 77-89.

Published

2023-07-02

How to Cite

Syaifuddin, M., Tanti, N. S., & Munif, M. . (2023). Optimalisasi Bimbingan Keagamaan Dalam Peningkatan Kecerdasan Spiritual Anak di TPQ An-Nur Wonorejo, Kabupaten Pekalongan . Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 200–213. https://doi.org/10.35309/dharma.v3i2.6413

Issue

Section

Articles